15 Lokasi Wisata Indonesia Wajib Dikunjungi

Pura Tanah Lot, Bali
Sumber :
  • moreindonesia.com

VIVA.co.id – Sebelum Anda berlibur keluar negeri, sebaiknya lihat dahulu wisata Indonesia. Tidak hanya memiliki keindahan yang menajubkan, Indonesia juga memiliki keanekaragaman dalam hal wisata di setiap daerahnya. 

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Media online Telegraph bahkan menunjukkan berbagai macam kelebihan wisata Indonesia. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus berkeliling Indonesia sebelum meninggalkan dunia ini.

Jakarta

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Jakarta adalah rumah bagi 10 juta orang, dan di kota ini Anda dapat menemukan berbagai macam masakan serta budaya dari berbagai macam daerah, tulis Simon Parker untuk Travel Telegraph tahun lalu. 

"Kota tua Batavia akan mengangkut Anda ke masa lalu kolonial Belanda di Indonesia, sementara daerah di Menteng memiliki live music serta restoran eksklusif dan hotel-hotel," kata Simon. 

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

"Terkenal akan restoran, bar, dan klub malam yang berada di atas gedung pencakar langit, dan pembeli dapat memilih dari puluhan pusat perbelanjaan raksasa," ujar Simon.

Komodo

Kadal terbesar di dunia ada di lima pulau di Indonesia. komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar. Binatang ini memiliki berat sekitar 68 kilogram dengan gigitan beracun, yang digunakan hewan ini untuk berburu dan membunuh binatang yang lebih besar, bahkan manusia.

Sumatera

Sebagai salah satu dari 20 top tempat wisata Telegraph untuk dikunjungi pada tahun 2014, Sumatera adalah salah satu lokasi liar dan indah untuk berpetualang.

"Kebanyakan pengunjung datang untuk melihat orang utan dari Bukit Lawang," tulis Guyan Mitra. "Tentara gajah bertugas melindungi hutan hujan di bagian utara Tangkahan."

"Orang yang berani harus mempertimbangkan perjalanan ke Kerinci Seblat, Taman Nasional terbesar di pulau, di mana Anda mungkin bisa melihat harimau dan badak Sumatera, jika Anda beruntung. Selain itu, Anda dapat mendaki di kawah bulan dari gunung berapi Brastagi, duduk-duduk di Danau Toba, menyelam bersama hiu di Pulau Weh, dan berselancar di lepas Kepulauan Mentawaii dan Pulau Nias.

Menyelam kelas dunia

Ada tempat di dunia menawarkan penyelaman yang lebih baik dari Coral Triangle, sebuah area di Samudera Pasifik termasuk di perairan sekitar Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua New Guinea, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon. Salah satu cara terbaik untuk menjelajahinya adalah dengan sebuah perahu di Kepulauan di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Indonesia. 

Penyelam akan menemukan 75 persen dari semua spesies karang yang Anda tahu di dunia, dan sampai 2.000 spesies ikan karang.

Candi dan pegunungan Jawa

Jawa mungkin merupakan pulau terpadat di dunia, dengan sekitar 140 juta penduduk, tetapi Jawa memiliki banyak tempat untuk berwisata. Ada 12 taman nasional untuk di eksplorasi, termasuk yang terdaftar di Unesco, Ujung Kulon, dan gunung berapi, termasuk Bromo dan Merapi.

Jawa juga rumah bagi kuil Budha terbesar di dunia, Borobudur. Tempat ini sering ramai, jadi Anda juga bisa memperhitungkan candi lain seperti Pawon, Mendut, Plaosan Lor dan Kalasan, yang mempertahankan tempat untuk merenung serta kedamaian.

Surga backpacker, Bali

"Ini adalah salah satu paling sedikit pulau yang bisa mengatur untuk menggabungkan spritual dan hedonisme. Pengunjung dapat menyaksikan upacara penghormatan orang meninggal, menikmati matahari terbenam, tempat makan terbaik, dan belanja," kata Travel Telegraph Michelle Jana Chan.

Hotel yang luar biasa

Bali adalah tempat untuk mendapatkan akomodasi mewah. Pilihan dari laman Telegraph termasuk Four Seasons Resort di Sayan, Alila Villas Uluwatu, COMO Shambala Estate, dan Oberoi di Seminyak.

Lombok, Bali tanpa orang yang banyak

Jutaan orang mengunjungi Bali setiap tahun untuk mencari pantai surga. Tetapi mereka mungkin mencari sekitar 30 mil ke timur, ke pulau kurang terkenal, Lombok. Lombok juga dikenal juga sebagai tempat terbaik untuk surfing, pantai spektakuler dan pemandangan pegunungan, atau tetangga pulau Gili, dikelilingi oleh terumbu karang.

Suku-suku asli Kalimantan

Pulau liar Borneo mempunyai pesona sejak zaman penjelajah Victoria," kata Michelle Jana Chan. Anda akan menemukan hutan hujan serta suku-suku asli serta orang utan dari Taman Nasional Tanjung Puting.

Taman Nasional terbesar di Asia

Lorentz, sebuah situs Warisan Dunia Unesco di pulau Papua, meliputi 9.674 mil persegi, termasuk rumah untuk ekosistem terbesar, termasuk hutan bakau, hutan hujan, gletser khatulistiwa. Selain itu, terdapat gunung Puncak Jaya, gunung tertinggi diantara Himalaya dan Andes.

'Paris of the East' 

Julukan ini banyak diterapkan untuk beberapa kota, termasuk Bandung, di pulau Jawa. Iklim yang dingin membuatnya menjadi tujuan akhir pekan yang populer bagi warga Jakarta. Anda dapat menemukan butik modis dan sejumlah tempat dengan bangunan Art Deco.

Pusat budaya Yogyakarta

Yogyakarta adalah pusat budaya dan spiritual dengan pertunjukkan wayang, konser, dan pameran seni. Hal ini juga tempat terbaik untuk menjelajahi Borobudur dan kompleks candi Hindu yang luas dari Prambanan.

Banyak kuil yang bisa Anda kunjungi seumur hidup

Borobudur dan Prambanan memang sangat terkenal, tapi ada ratusan lain candi yang besar serta kecil. Bali memiliki candi yang paling indah, termasuk Tanah Lot, berada di laut, dan Pura Ulun Danu Bratan, yang terlihat seperti mengapung di danau.

Salah satu mercusuar paling spektakuler di dunia

Mercusuar 12 lantai ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1882 di pulau kecil Lengkuas. Anda dapat mencapainya dengan perahu dari Tanjung Kelayang di Pulau Belitung.

Hijau

Sebanyak 51 persen wilayah Indonesia adalah hutan, membuatnya sebagai negara terhijau di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya