Pantai Surabaya, Dahulu Primadona Sekarang Sepi Pengunjung

Pantai Surabaya di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari (Manado)

VIVA.co.id – Kawasan wisata pantai menjadi primadona dunia pariwisata di Sulawesi Utara. Kali ini, namanya Pantai Surabaya di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.

Sulut Expo 2019, Guide Kamu Sebelum Plesir ke Sulawesi Utara

Pemberian nama Pantai Surabaya, karena konon dahulu di daerah itu banyak warga yang bermigrasi dari Surabaya, Jawa Timur.

"Ya, dahulu banyak orang Surabaya tinggal di sini. Akhirnya, oleh warga diberilah nama Pantai Surabaya, meski saat ini paling banyak bermukim di sekitaran sini adalah warga asal Sangihe," ujar Riany, warga Pantai Surabaya, Kamis 15 Desember 2016.

Menelusuri Pulau Mahoro, Surga Tersembunyi di Ujung Sulawesi Utara

Wanita yang berdagang di kawasan pantai tersebut mengatakan, sekitar 10 tahun lalu Pantai Surabaya menjadi primadona.

"Hampir setiap hari, full kunjungan warga yang datang berwisata. Tetapi, paling banyak saat hari minggu, atau libur, pantai serasa tidak bisa menampung," katanya.

Benteng Moraya, Sejarah Kegigihan Masyarakat Minahasa

Pantai memiliki pasir putih dan bersih. "Di samping itu untuk masuk pun tak perlu keluarkan biaya karena gratis.

Tapi itu dahulu, bagaimana dengan kondisi sekarang ini? Ternyata, Pantai Surabaya setahun terakhir ini sangat sepi.

"Tak hanya kurang terawat, pengunjung juga minim datang meski di hari libur. Kalau ada mungkin dalam sebulan bisa dihitung dengan jari orang datang berwisata pantai di sini dalam jumlah yang banyak. Pernah ada dari organisasi gereja bikin ibadah pantai," ujar Rutje, warga lainnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah, yakni Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pariwisata harus memberi perhatian serius untuk pengembangan dan promosi. "Pantai Surabaya aset wisata pantai yang sangat mempesona, sayang dibiarkan tak terurus," ujar Rutje lagi.

Perlu diketahui, Likupang merupakan kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara memang terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan warna laut yang biru kehijauan.

Namun, sekarang Pantai Surabaya, kalah mentereng dibandingkan dengan Pantai Pal, Pantai Pulisan, dan Pantai Likupang. Begitu juga, dengan wisata beberapa pulau seperti Pulau Lihaga dan Pulau Gangga yang sangat menakjubkan keindahan bawah lautnya.

Pantai Surabaya bisa ditempuh melalui perjalanan darat dari Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara sekitar 1,5 jam hingga dua jam. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya