Unik, Pergantian Tahun Baru 2017 Akan Lebih Satu Detik

Ilustrasi malam Tahun Baru 2017.
Sumber :
  • Pixabay/Pixaline

VIVA.co.id – Di balik seluruh persiapan perayaan tahun baru 2017, ada satu hal unik yang hanya terjadi pada malam pergantian tahun kali ini. Pada malam pergantian tahun ini, di beberapa tempat akan mengalami perhitungan jam yang lebih satu detik dalam sehari. 

Ustaz Adi Hidayat Ungkap 3 Alasan Doa Sering Tidak Terkabul

Peristiwa unik dalam astrofisika dikenal sebagai 'leap second'. Mereka terjadi, sesekali untuk mengompensasi perlambatan rotasi bumi.

Dilansir laman Mirror, dan tahun ini, kelebihan detik ini akan ditambahkan, yang berarti waktu akan menunjukkan 11.59.59 menjadi 11.59.60, sebelum beralih ke 00.00.00.

Operasional LRT Jabodebek hingga Jam 11 Malam Berlanjut di Februari

Hal ini memungkinkan, jam dunia untuk mengejar ketinggalan dengan rotasi Bumi dan memastikan waktu seakurat mungkin. Di Inggris, hal itu akan terjadi tepat sebelum tengah malam.

'Leap Second' ini pertama kali diperkenalkan pada 1972, dan telah ada 26 kasus yang diperkenalkan. Yang terbaru adalah pada tahun 2015 dan 2012. 

Ahli Ungkap Rahasia, Ini Jam Terbaik Timbang Berat Badan

Hal ini, membawa sedikit masalah terhadap beberapa website seperti Reddit, Yelp, LinkedIn pada 2012. Bandara dan maskapai penerbangan juga bisa menghadapi masalah dengan komputer saat check-in. (asp)

Shopee.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Platform e-commerce Shopee hari ini mengumumkan peluncuran program Garansi Tepat Waktu, yang merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pemb

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024