Wajib Tahu, Fakta Keren Air Mancur Purwakarta

Air Mancur Taman Sri Baduga
Sumber :
  • Viva.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Penghujung pekan kemarin, perhatian Indonesia tertuju pada peresmian Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur ini menari, memamerkan liukan indah berwarna-warni pada para penonton yang hadir.

Viral Semburan Air Setinggi 10 Meter di Pasar Banyumas

Dibuka setiap malam Minggu pada jam-jam pertunjukkan, yakni pukul 19.30, 21.00, dan 22.00 WIB, air mancur ini bisa dinikmati semua pengunjung secara gratis. Setiap pertunjukkan akan berlangsung selama 25 menit.

Air mancur cantik ini seketika jadi hit di kalangan para travel baik Indonesia maupun mancanegara. Berikut sejumlah fakta keren di balik Air Mancur Purwakarta ini.

Dhani: Orang Kita Itu Rupanya Doyan 'Beol' di Tebing

1. Terbesar se-Asia Tenggara
Indonesia patut bangga. Air Mancur Purwakarta ini diklaim sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara. Ikon pariwisata Purwakarta ini dibangun di atas area seluas 1,8 hektar. Tempat duduk di taman itu mampu menampung 5.000 pengunjung atau 15.000 orang dalam tiga sesi pertunjukkan.

2. Ada pertunjukkan seni
Selain tarian air mancur yang cantik, destinasi wisata baru yang terletak di Situ Buleud ini juga dimeriahkan dengan pertunjukkan seni. Musik dan drama tari lokal bisa dinikmati si sini. Jadi, selain berfoto, bisa menikmati kesenian tradisional juga, kan?

Sebelum Diresmikan, Pompa Air Mancur Menari Monas Terbakar

3. 'Warisan' kepemimpinan Dedi Mulyadi
Taman Air Mancur Purwakarta ini tak lepas dari kerja sang bupati, Dedi Mulyadi. Bupati Purwakarta ini berharap, bupati setelahnya bisa memelihara destinasi wisata ini.

“Ini tahun terakhir saya memimpin. Jadi ini yang terakhir. Tapi belum tahu kalau bupati setelah saya apakah mau tambah renovasi atau tidak. Air mancur Sri Baduga ini jadi mungkin karena dibarengi ikhtiar dan konsistensi kerja, kerja, kerja. Seperti apa yang dikatakan Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya.

4. Tak kalah keren dari negara lain
Air mancur Purwakarta ini bukan hanya yang terbesar, tapi juga punya teknologi yang canggih. Penggunaan software air mancur ini terbaru dan tak kalah keren dengan sejenisnya di negara lain, seperti yang ada di Duba, UAE dan Ghuangzhou, China.

“Dubai memiliki air mancur yang sangat indah. Guangzhou memiliki pertunjukan yang luar biasa namun air mancurnya biasa saja. Purwakarta bisa menggabungkannya dan menjadi destinasi wisata berkelas dunia,” kata Arief Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya