FPI Sebut Festival Kebudayaan Purwakarta Cuma Bikin Gila

Ilustrasi-Festival budaya
Sumber :
  • KBRI Canberra

VIVA.co.id – Gelaran festival kebudayaan pada hari jadi ke-49 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Jumat malam, 4 Agustus 2017, mendapat kritikan dari Front Pembela Islam (FPI).

Daftar Kontroversi Ahok Sejak Jabat Gubernur DKI, dari Kalijodo hingga Surat Al Maidah

Bahkan, Kabupaten Purwakarta di masa kepemimpinan Dedi Mulyadi dinilai selalu menunjukkan aktivitas yang bertentangan dengan agama. FPI menyayangkan, aktivitas kebudayaan lebih rutin dijalankan ketimbang aktivitas keagamaan.

"Pengajian manfaatnya besar, menjadikan yang sebelumnya edan menjadi waras. Tapi kalau festival Jurig, bikin gelo (gila)," kata Ketua FPI Purwakarta KH Muhammad Sahid Joban dalam acara Tabligh Akbar di Pasar Rebo Purwakarta, Jumat malam, 4 Agustus 2017.

Jenderal Fachrul Razi Blak-blakan Dipecat sebagai Menag Gara-gara Tolak Pembubaran FPI

Pihaknya mewanti-wanti, jika kebiasaan aktivitas budaya yang bertentangan agama terus dijalankan, bisa berdampak negatif. "Agama dulu, kemudian budaya dibenahi. Jangan sebaliknya. Agama yang menimbang budaya, bukan budaya menimbang agama," ujarnya.

Dalam ceramahnya, aktivitas kebudayaan yang bertentangan agama kerap dirutinkan dibandingkan pengajian. Bahkan, Pemkab Purwakarta kerap mempersulit izin pengajian di tempat umum.

Eks Jubir FPI Munarman Ucap Ikrar Setia NKRI di Lapas Salemba

"Jangan pernah ikut-ikutan acara Jurig (festival Bebegig). Apalagi pengajian dipersulit, berbeda dengan arak-arakan kereta kencana yang sangat mudah perizinannya. Kita tidak akan mundur melawan kemungkaran," katanya.

Bahkan, FPI berharap tujuan politik Dedi Mulyadi yang ingin maju menjadi calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018, tidak terpilih.

"Supaya tidak terpilih jadi gubernur Jawa Barat. Dedi Mulyadi jangan sampai jadi Gubernur Jawa Barat. Jangan menganggap umat Islam Purwakarta lemah dengan kebersamaan. Jangan ikut-ikutan acara jurig, kita diatur-atur, pengajian dipersulit. Giliran ngarak bebegig, kereta kencana diizinkan," katanya.

Lanjut Sahid, dalam ceramahnya mengingatkan masyarakat agar jangan tertipu jika ingin memilih pemimpin daerah.

"Kade ulah katipu (jangan sampai ketipu), kejebak di sumur kedua kali. Jangan asal-asalan, kalau milih asal-asalan, jadi gini Purwakarta, jadi kota setan," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya