Jelajah Waitakere Ranges, Hutan Cantik di Selandia Baru

Pemandangan dari Arataki Visitor Centre, Auckland, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Berwisata ke Auckland, Selandia Baru, bukan berarti hanya ada wisata perkotaan yang didominasi dengan pusat perbelanjaan saja. Di Auckland, Anda hanya butuh waktu singkat untuk menuju ke beberapa tempat lain, salah satunya ke bagian barat kota dengan populasi terbanyak di Selandia Baru ini.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Banyak sekali destinasi wisata alam yang ada di sekitar Auckland, mulai dari pantai, air terjun hingga hutan. Nah, untuk Anda yang senang berjalan-jalan di tengah-tengah alam, Anda bisa datang ke Arataki Visitor Centre, semacam pusat informasi yang biasa dikunjungi para wisatawan yang ingin menjelajahi Waitakere Ranges, kawasan hutan lindung yang cukup luas di bagian barat Auckland.

Kawasan ini juga sangat dekat dengan west coast atau pantai-pantai yang ada di pesisir barat. Hutannya sendiri merupakan rumah bagi berbagai spesies burung, serangga, kadal dan hewan-hewan lain.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Saat VIVA berkunjung ke sana baru-baru ini, atas undangan dari Tourism New Zealand (TNZ), Arataki Visitor Centre tampak seperti museum mungil dengan bangunan tradisional Suku Maori, suku asli di Selandia Baru. Tempat ini menyimpan sejumlah informasi menarik, seperti tentang flora dan fauna yang ada di Waitakere Ranges, termasuk tentang Kauri, pohon raksasa di Selandia baru yang dilindungi.

Arataki Visitor Centre, Auckland, Selandia Baru.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Papan petunjuk di Arataki Visitor Centre, Auckland, Selandia Baru.

Di sini Anda bisa mengumpulkan berbagai informasi dan bahkan bersantai menikmati pemandangan ke arah selatan, yakni ke arah Manukau Harbour. Ada juga beberapa serangga dan hewan-hewan Waitakere Ranges yang sengaja dipelihara di tempat ini, seperti tree weta, kadal dan masih banyak lagi.

Jadi, Arataki Visitor Centre bisa dibilang merupakan pintu masuk ke Waitakere Ranges. Untuk sampai ke sini, Anda hanya perlu berkendara selama 45 menit dari Auckland.

Jalan raya menuju Arataki Visitor Centre, Auckland, Selandia Baru.

Kadal yang ada di Arataki Visitor Centre, Auckland, Selandia Baru.

Wisatawan bisa berjalan menyusuri walking track untuk masuk ke dalam hutan. Untuk mengelilingi hutan seluas 16.000 itu, pemerintah setempat membangun walking track sepanjang 250 kilometer dimulai dari Arataki Visitor Centre.

Salah satu track yang paling baru dibuat dinamakan Hillary Trail, yang dinamakan dari nama pendaki gunung paling terkenal di Negeri Kiwi, Sir Edmund Hillary. Dia adalah manusia pertama yang berhasil mendaki Gunung Everest. Wajahnya bisa Anda lihat di lembaran NZ$5.

Jika Anda ingin menjelajahi hutan cantik yang dipenuhi dengan semak belukar dan pohon-pohon yang rimbun, Anda sebaiknya membawa serta air dan jas hutan. Itu karena cuaca di west coast terkenal mudah berubah-ubah. Hutan ini juga akan membawa Anda ke pantai pasir hitam yang indah, lho.

Pemandangan Black Sand Beach dari Waitakere Ranges, Auckland, Selandia Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya