Gua Bawah Laut Terbesar Ditemukan di Meksiko

Gua di Semenanjung Yucatan, Meksiko
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Beberapa waktu lalu, sekelompok arkeolog melakukan penyelaman di sekitar Semenanjung Yucatan, Meksiko. Para arkeolog itu menyebut bahwa saat melakukan penyelaman tersebut mereka telah menemukan gua bawah laut terbesar di dunia.

Ragam Destinasi Penang Wajib Masuk List, Salah Satunya Berdiri di Tali Tertinggi Dunia

Lebih lanjut, para arkeolog itu menjelaskan bahwa mereka menemukan sistem gua yang dikenal sebagai Sac Actun, yang terletak di dekat kota pantai Tulum. Gua ini terhubung di bawah air sepanjang 216 mil, atau setara dengan 347 kilometer.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Gran Acuifero Maya (GAM), organisasi dibalik eksplorasi gua tersebut, telah menyelam melalui jaringan bawah laut tersebut selama 10 bulan terakhir.

Lepaskan Tali Pengaman, Pria Ini Melompat Menuju Kematiannya

Selama 10 bulan itu, mereka menemukan bahwa lebih dari 200 gua kecil terhubung di sana untuk membentuk apa yang mereka yakini sebagai gua bawah laut terbesar di dunia

Tak hanya sampai di situ, mereka pun bersukacita atas kemungkinan mempelajari peradaban kuno suku Maya melalui artefak yang berada di sekitar gua.

4 Tempat Wisata Ekstrem di Dunia

Bangsa Maya kuno, mungkin menganggap gua itu sebagai pintu masuk ke dunia bawah. Selama penyelaman itu pun mereka menemukan tulang dan tembikar manusia yang berusia ribuan tahun. GAM percaya bahwa penemuan baru ini bisa membantu arkeolog lebih memahami peradaban suku Maya kuno.

"Ini memungkinkan kita untuk lebih menghargai bagaimana ritual, situs ziarah dan akhirnya permukiman pra-Hispanik besar yang kita ketahui muncul," kata direktur GAM, Guillermo de Anda.

GAM akan terus mengeksplorasi untuk menyelidiki, apakah gua terhubung ke tiga sistem lain atau tidak. Mereka juga akan terus menyelidiki gua tersebut untuk mempelajari keragaman hayati bawah laut di sana yang unik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya