Ragam Destinasi Penang Wajib Masuk List, Salah Satunya Berdiri di Tali Tertinggi Dunia

George Town, Penang, Malaysia
Sumber :
  • tourismpenang

JAKARTA – Penang Malaysia menjadi salah satu negara bagian yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Penang sendiri menjadi salah satu destinasi medical tourism bagi masyarakat tanah air.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Sebab, tidak sedikit orang Indonesia yang menjalani pengobatan di sana dan merasakan pelayanan medis terbaik. Namun tak hanya menawarkan medical tourism saja, negara yang berjarak 2,5 jam penerbangan dari Jakarta ini juga menawarkan destinasi menarik lainnya. Apa saja? Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

“Penang sudah dikenal dengan medical tourism, tapi kita juga punya destinasi yang bisa ditawarkan untuk pasangan muda, keluarga hingga mereka yang ingin melakukan photo prewedding,” kata CEO Penang Global Tourism, Ooik Choi Yan saat ditemui awak media dalam acara Re-Experience Penang di Pullman Hotel Jakarta Barat, Selasa 5 September 2023.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Lebih lanjut diungkap oleh Ooik, saat ini Penang tengah mempromosikan Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways atau 6 Cara Terbaru untuk Kembali Menikmati Penang. Ada beberapa destinasi menarik yang bisa dirasakan wisatawan Indonesia ketika berkunjung ke Penang. Berikut ini ulasannya.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Menikmati cagar budaya UNESCO

Suasana di Georgetown Penang Malaysia

Photo :
  • VIVA / Renne

Diungkap Ooik bahwa salah satu cara terbaru untuk kembali menikmati Penang adalah dengan berkunjung ke situs cagar budaya UNESCO. UNESCO sendiri telah menetapkan George Town dan Penang Hill sebagai situs cagar budaya di Penang.

Dijelaskan oleh Ooik di George Town yang merupakan ibukota Penang menawarkan situs heritage. Di sana banyak bangunan penting bersejarah yang dapat dijelajahi dengan banyak bangunan kolonial yang masih terpelihara.

“George Town itu walkable. Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti kelas memasak hingga kelas kerajinan tangan,” kata dia. 

Selain George Town, Penang Hills yang berjarak satu jam dari George Town juga merupakan salah satu area yang masuk dalam UNSECO Site. Ada berbagai hal yanh bisa dilakukan seperti berkunjung ke batu ferringch. Selain itu juga di sini menjadi tempat yang menarik untuk melakukan aktivitas bersepeda atau hiking.

Berkunjung ke Theme Park 
Uniknya di Penang juga memiliki theme park menarik seperti Penang Peranakan. Tempat ini kata Ooik sangat cocok bagi mereka yang suka dengan budaya. Atau kalian yang menyukai adrenalin bisa mencoba berkunjung ke ghost museum. Untuk kamu yang suka kulineran, jangan lupa berkunjung ke wonderfood. 

Ilustrasi bisnis kuliner.

Photo :
  • Pixabay

Surga kuliner
Penang adalah ‘capital food’. Menariknya di tahun ini Penang masuk sebagai kota dan negara pertama dalam list Micheline Guide. Berbicara mengenai kuliner, Penang sendiri kata Ooik menawarkan berbagai pilihan mulai dari street food hingga restoran mewah. Ada beberapa kuliner bisa jadi pilihan seperti Laksa yang dinobatkan sebagai makanan terenak ketujuh versi CNN.

Menikmati keindahan The Other Side of The Island Teluk Bahang dan Balik Pulau
Seberang pulau sendiri menawarkan berbagai wisata menarik seperti frog hill, air hitam dalam education forest, hingga bukit mertaham charming Old town. Sedangkan Balik Pulai menawarkan berbagai wisata menarik seperti Balok Pulau Roundbout, Chruch of The Holy Name of Jesus hingga Audi Dream Farm. 

7 Wonders
Diungkap Ooik masyarakat tanah air tak perlu repot keliling dunia untuk menikmati keajaiban dunia. Cukup datang ke Penang dan dapat menikmati 7 wonders berikut:

- Suaka Kupu-kupu dan Serangga Tropis Pertama di Dunia
- Seluncuran Air Terpanjang di Dunia versi Guinness World di Escape Penang
- Penang Hill, di sini Anda bisa menikmati Jalur Terowongan Paling Curam di Dunia. 
- The Habitata Penang Hill, yaitu Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia
- Anda juga bisa menikmati perosotan vertikal bebas berdiri pertama di dunia di Tech Dome Penang
- Berjalan di Tali Tertinggi di Dunia di The Gravitiyz
- Menara Skywalk Melengkung Pertama di Dunia di The TOP Rainbow’s Skywalk

“Jadi kenapa harus ke Penang? Karena bahasanya (dengan Indonesia) yang  mirip. Tidak terlalu jauh dari Indonesia. Cita rasa makanan (Indonesia dan Penang) yang mirip, sama-sama pedas,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya