Potret Tlilir Art and Culture Festival, Acara Budaya yang Digelar Perdana di Temanggung Jawa Tengah

Tlilir Art and Culture Festival, Temanggung, Jawa Tengah
Sumber :
  • Istimewa

Temanggung – Perdana, Temanggung menggelar ajang festival budaya Tlilir Art and Culture Festival selama tiga hari, yakni 1-3 September 2023. Acara yang bertajuk “From Village to The World” ini digelar di kampung Tembakau, Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pun mendukung penyelenggaraan ‘1st Tlilir Art & Culture Festival’ yang merupakan hallmark event berbasis pariwisata dan digerakkan oleh masyarakat. Yuk simak potret acaranya berikut ini.

Festival digelar di bawah Gunung Sumbing

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tlilir Art and Culture Festival, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

Festival ini terbilang sangat unik karena lokasinya berlatar belakang pemandangan puncak gunung Sumbing, dengan udaranya yang sangat sejuk. Selain itu, venue untuk panggung maupun penonton berada di atas atap rumah-rumah warga yang biasanya digunakan untuk menjemur tembakau. 

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Diketahui bahwa Temanggung merupakan daerah penghasil tembakau dan Tlilir juga dikenal sebagai desa penghasil tembakau terbaik dengan produk unggulan tembakau Srintil.  

Libatkan Masyarakat Lokal

Tlilir Art and Culture Festival

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Ajang 1st Tlilir Art and Culture Festival ini diselenggarakan oleh Heavenly Indonesia, Pemerintah Desa Tlilir dan Travelita—Pegiat Pariwisata Temanggung. Festival ini menarasikan ‘Tlilir: Tembakau, Tradisi dan Takdir’, serta mengampanyekan ‘Sustainability & Eco-Friendly Event’, di mana berbagai ornamen dan dekorasi venue event ini seluruhnya menggunakan material dari bambu.

Rangkaian acara yang unik

Tlilir Art and Culture Festival, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

Selama tiga hari digelar serangkaian acara, di antaranya konser musik etnik dengan line up Irene Ghea x Arlida Putri, Orkes Sinten Remen, dan Jogja Hip Hop Foundation.

Selain itu, hadir juga outdoor fashion show dari perancang busana nasional dan lokal yang bertema ordinary traveling. Pengunjung juga bisa menikmati drama musikal yang melibatkan penduduk setempat mulai dari pelajar hingga orang tua.

Tak hanya itu, ada juga festival kuda lumping serta festival UMKM yang menyuguhkan kuliner khas Temanggung, produk kerajinan dari tembakau dan fesyen.

Festival seni dan budaya

Tlilir Art and Culture Festival, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

Ridlo Amiruddin, Direktur Digra Sinergi Harsa selaku penyelenggara  Tlilir Art & Culture Festival menyampaikan, event yang bakal digelar secara tahunan ini merupakan pesta rakyat kesenian dan kebudayaan yang berbasis pada community based tourism.

Local wisdom sangat kami perhatikan, misal untuk outdoor Fashion Show saja kita bekerja sama dengan pemuda pemudi Karang Taruna, Ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani. Mereka kita edukasi hanya dalam tiga hari saja namun hasilnya cukup memuaskan kita di catwalk,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Ridlo, untuk penyelenggaraan tahun depan, pihaknya tetap akan menjaga komitmen untuk membangun event yang berbasis pada pariwisata berkelanjutan serta akan lebih banyak bersinergi lagi dengan para stakeholders.

Ia berharap, acara yang akan datang agar menjadi beberapa rangkaian event di lereng gunung di pulau Jawa, seperti Festival 7 Gunung dan Dieng Culture Festival. Kata Ridlo, hal ini penting, agar wisatawan adventure dan minat khusus kian bertumbuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya