Dampak Kebakaran, Sebagian Wisata Gunung Bromo Ditutup

Padang Savana Bromo terbakar.
Sumber :
  • Uki Rama/VIVA.

MALANG – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengambil langkah taktis dalam menyikapi kebakaran di kawasan taman nasional. Untuk sementara kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan ditutup untuk pengunjung.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, keputusan ini diambil setelah melihat kebakaran hutan yang terjadi pada View Point Gunung Penanjakan. Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memerhatikan keamanan pengunjung, sebagian wisata ditutup. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Pengunjung dapat masuk ke dalam Kawasan Wisata Bromo melalui pintu Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo, Coban Trisula, Kabupaten Malang dan Senduro, Kabupaten Lumajang. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Batasan yang boleh dikunjungi adalah Lautan Pasir, Savana Lembah Watangan (Bukit Teletubbies), dan Mentigen. Sedangkan Gunung Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, ditutup untuk kunjungan wisata," kata Septi, Minggu, 3 September 2023. 

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Balai Besar TNBTS selaku otoritas pariwisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menegasakan penutupan diberlakukan sejak Minggu, 3 September 2023 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

"Mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata agar menjaga Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kebakaran hutan dengan memerhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama," ujar Septi. 

Sebelumnya, Padang Savana di Gunung Bromo terbakar pada Rabu pagi, 30 Agustus 2023. Suhu panas diduga menjadi salah satu penyebab di Padang Savana, Gunung Bromo. 

Tim gabungan mengisolir sumber api dengan membuat ilaran dan mulai melakukan pemadaman dengan menggunakan gepyok, jetshooter dan mobil tangki serta pompa pemadam kebakaran.

Padang Savana Bromo terbakar.

Photo :
  • Uki Rama/VIVA.

Saat itu dilaporkan titik api di Bantengan (sekitar perbatasan resort PTN Wilayah Coban Trisula dan resort PT Wilayah Ranupani). Selanjutnya petugas BB TNBTS menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan langsung dan terkonfirmasi adanya sumber api di lereng sebelah Utara jalan Malang-Lumajang, dan menjalar ke arah savana dan blok Jemplang.

Tim gabungan yang terdiri dari petugas resort PTN Wilayah Coban Trisula, resort PTN Wilayah Tengger Laut Pasir, resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan dan resort PTN Wilayah Ranupani BB TN BTS dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (PA) berusaha memadamkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya