Artis Berhijab di Ramadan, Hijrah atau Ikut Tren

Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, Vega Darwanti
Sumber :
  • Instargarm Zaskia Gotik

VIVA – Selama bulan Ramadan tidak sedikit selebriti Tanah Air yang mengunggah swafoto alias selfie menggunakan hijab di akun media sosialnya. Tentunya pemandangan ini menjadi momen yang langka sebab biasanya mereka tampil seksi saat di atas panggung.

Berhijab Saat Hamil, Irish Bella: Aku Ingin Anak Perempuanku Salihah

Mulai dari penyanyi dangdut Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Dewi Perssik, penyanyi jazz Andien Aisyah hingga terakhir adalah istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela. Entah itu hanya dipakai saat Ramadan saja sebagai tuntutan pekerjaan atau niat ingin menjalankan perintah agama.

“Belum siap masih belum benar hatinya. Kalau pakai hijab itu kan jangan setengah-setengah harus mantap. Nanti kalau ada masalah apa-apa dibuka lagi hijabnya itu yang enggak aku mau. Harus mantapin dulu,” kata penyanyi dangdut Zaskia Gotik kepada VIVA, belum lama ini.

Cerai dari Ijonk, Dhena Devanka Berhijab dan Hijrah?

Namun pelantun lagu ‘Bang Jono’ ini menjelaskan pada dasarnya semua perempuan muslim ingin berhijab. “Cuma jangan sembarangan, hijab itu bukan mainan, kita harus serius,” ujar dia.

Sedangkan alas an pemilik Goyang Itik ini mengenakan hijab diawal Ramadan diakui olehnya menjadi salah satu tuntutan pekerjaan. “Memang pas awal Ramadan kemarin pakai hijab sih lebih ketuntutan pekerjaan,” kata Gotik.

Unggah Foto Ini, Paula Verhoven Putuskan Berhijab?

Sementara pedangdut Dewi Perssik mengatakan mengenakan hijab harus dari hati bukan dilakukan setengah-setengah. Kalaupun ia mengenakan hijab diawal Ramadan memang lebih kepada tuntutan pekerjaan.

“Kalau kita menggunakan hijab itu harus dari hati. Dalam arti aku punya kepercayaan sendiri bahwa intinya aku harus bisa mengijabi hati aku dulu. Kalau aku tidak bisa mengontrol hati aku, imanku dengan baik ya percuma aku berjilbab,” kata istri Angga Wijaya ini.

Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, Vega Darwanti

Diakui Depe, panggilan Dewi Perssik, saat ini ia pun mengaku sedang dalam taraf belajar. “Belajar seperti saat menyambut Ramadan, saya menghormati datangnya bulan Suci dengan mengenakan hijab atau kadang saat ada acara yang mengharuskan mengenakan hijab saya akan pakai,” tuturnya.

Depe tidak mengelak jika banyak hujatan yang diterima saat mengunggah foto dirinya mengenakan hijab di akun instagramnya diawal Ramadan lalu.  

“Namanya juga netizen. Mereka kan enggak 24 jam bersama dengan kita. Jadi kalau misalkan beberapa menit mereka lihat kita pakai hijab kita unggah di sosmed ya karena satu kita tidak munafik pekerjaan kita memang di dunia entertain. Kita mengajak semua orang untuk menghargai bulan suci Ramadan. Kedua kita juga sebagai seorang publik figur harus bisa menempatkan diri kalau bulan suci Ramadan apa iya kita harus pakai yang seksi? Dalam keseharian yang penting kita enggak jadi orang munafik,” kata Depe.

Lebih Mantap  

Jagat media sosial kembali heboh dengan penampakan terbaru istri musisi Ahmad Dhani, Mulan Jameela. Mulan mulai mengunggah foto dirinya yang telah mengenakan hijab. Bahkan foto profil di akun instagram mantan teman duet Maia Estianty inipun sudah berganti.

Bukan dalam rangka bulan ramadan, Mulan Jameela mengaku bahwa sebenarnya sudah lama berencana mengenakan hijab namun masih ragu.

“Niat pengin pakai kerudung sudah lama ya, cuma kayak masih on off, masih kayak ragu-ragu,” ujar Mulan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis, 24 Mei 2018.

Akhirnya Mulan mantap mengenakan hijab setelah pulang dari Palestina pada April 2018 lalu.

Mulan Jameela.

“Sebetulnya pas kemarin pulang dari Palestina itu sudah pengin langsung pakai gitu ya. Karena ngerasa kayak selama sembilan hari di sana, enak aja nyaman, tenang gitu,” katanya. Saat wisata religi ke Palestina, pelantun lagu Wonder Women tersebut pun mendapat pencerahan saat salat.

“Ya kan banyak salat di sana ya. Mungkin terketuk aja di sana kayak aku ini nyari apa selama ini. Hakikatnya manusia hidup ya bukan di dunia sebenarnya, dunia kan cuma sebentar,”  kata penyanyi 39 tahun tersebut.

Untuk menguatkan iman, Mulan juga rutin mengikuti kajian. “Iya beberapa kali juga pas setelah pulang dari Palestina banyak banget yang ngajak, ya senang aja lah. Karena aku juga kalau pengajian dengar tausiah,” ujarnya.

Lama tak muncul di depan publik, artis Shinta Bachir yang diketahui sempat berhijab, namun akhirnya dibuka. Ia kembali dengan penampilan sebelumnya. Kini, di bulan Ramadan Shinta memutuskan untuk kembali menutup auratnya dengan hijab.

Menutup hijab, sekarang, Shinta tak main-main. Wanita kelahiran Februari 1986 itu kini serius berhijab karena selalu terbayang-bayang dengan peristiwa kematian.

“Ya yang menyadarkan saya (kembali berhijab) adalah kematian sih karena mati itu sudah pasti dan kita enggak pernah tahu. Jadi ya sudah, ‘ya Allah aku pengin balik menutup aurat pelan-pelan’ gitu,” ungkap Shinta saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Mei 2018.

Shinta tak menampik bahwa beberapa tahun yang lalu ia sempat labil saat memakai hijab lalu kembali dilepas. Itu dilakukan lantaran hatinya yang tak sepenuhnya ikhlas. Namun saat ini ia mengaku lebih mantap.

Jangan Musiman

Dimintai tanggapannya terkait fenomena arti berhijab di Ramadan, Ustaz Abdurrohman Djaelani mengatakan kesadaran beragama sebetulnya bukan sesuatu yang musiman.

Ia menjelaskan, harusnya kesadaran beragama tersebut adalah sesuatu yang terus menerus, istiqomah, dalam rangka melaksanakan perintah dalam agama itu sendiri. Akan tetapi yang jadi persoalan di tengah-tengah kita ada fenomena yang seperti itu kalau dipertanyakan secara agama sebetulnya baik atau tidak? 

“Maka sudah tentu tanpa mengurangi rasa hormat terhadap pelaku, hukumnya jelas tidak diperbolehkan. Artinya hanya sekadar sesuatu yang dianggap mode, seremonial, padahal agama tidak seperti itu,” kata Abdurrohman.

Ia menambahkan dalam agama penggunaan hijab harus dengan kesadaran penuh bukan sekadar  melihat momen melihat waktu. “Tapi di satu sisi kita berharap dengan adanya momen seperti ini orang untuk mencoba menjalankan agama pada akhirny terdorong dan keterusan, akan tetapi persoalannya kembali lagi kepada pelaku dan pribadi tersebut,” tuturnya. 

Menurut Ustaz Abdurrohman, apabila ada yang mengenakan hijab kemudian dia melepasnya lagi, pada dasarnya adalah bahwa secara hukum yang dilihat itu bukan orang tapi hukum itu sendiri. Hukum seorang muslimah wajib memakai hijab itu namanya hukum.

“Jadi ketika ada orang yang tidak memakai atau memakai kemudian melepas lagi maka kembalinya kepada status hukum, artinya bahwa harap, orang yang kemudian melepaskan hijab tersebut, baik yang tadinya belum pernah pakai sama sekali, ataupun yang sudah memakai tapi dilepas lagi. Jadi patokannya adalah kembali kepada status hukum, karena status hukumnya haram ya kita sampaikan haram,” kata dia.

Dan, artinya sambung Ustaz Abdurrohman hal itu biasa terjadi karena ada hal yang kurang di dalam pemahaman agama mengenai kewajiban itu sendiri, tidak sampai melekat dan menjadi sebuah satu hal yang mendarah daging hukum tersebut, ada keraguan.

Oleh karena itu, dengan fenomena banyaknya selebriti yang mengenakan hijab di bulan Ramadan, ia hanya menyarankan lebih baik  perbanyak ibadah. “Momen seperti ini di mana rasa keagamaan seseorang sedang tinggi perbanyak mendalami agama. timbul keyakinan yang sangat agar ke depan diharapkan ketakwaan kita bertambah, keyakinan kita bulat betul kepada ajaran agama kita,” tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya