Gairah Generasi Taqwa

Sorot ghirah - Umat muslim melakukan ibadah ramadan dengan membaca Alquran
Sorot ghirah - Umat muslim melakukan ibadah ramadan dengan membaca Alquran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Lantunan ayat suci Alquran menggema. Sahut-menyahut di antara sudut tiang penyangga masjid. Pilar-pilar besar berbalut marmer berdiri kokoh mengapit ruang utama salat. Karpet ambal sajadah biru berpadu abu-abu terhampar rapi hingga ke sudut masjid dengan luas seribuan meter ini. 

Pintu masjidnya dari perunggu dengan ornamen simetris berwarna kehijauan. Ukiran motif tumbuhan berlapis warna keemasan semakin menambah kesan mewah pintu masjid, menyambut ramah jemaah yang datang. Pintu masuk ke dalam bisa dari berbagai sudut, kecuali dari bagian depan, karena arah kiblat.

Siang itu, waktu menunjukkan pukul 11.40 WIB, 10 menit menuju salat Zuhur waktu DKI Jakarta dan sekitarnya. Masjid Baitul Ihsan, yang berada di Komplek Bank Indonesia, menggeliat. Masjid bersolek menjamu para 'tamu-tamu' Allah.

Tak berapa lama, Azan pun berkumandang. Panggilan salat bagi kaum muslimin di waktu Zuhur tiba. Jemaah Masjid Baitul Ihsan tak hanya disesaki karyawan BI. Tapi karyawan di wilayah MH Thamrin dan warga sekitar menjadi jemaah tetap masjid.

Masjid yang berdiri megah di pusat Kota Jakarta ini selalu dipenuhi jemaah, terlebih saat Ramadan. Meskipun letaknya di area perkantoran BI, tak menyurutkan para jemaah untuk salat atau menghadiri kajian-kajian keagamaan di masjid yang berdiri pada Mei 2001 silam.

Sorot ghirah - Umat muslim melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Al Markazur Islamic Lhokseumawe, Aceh


Waktu Zuhur di bulan puasa memang banyak dimanfaatkan masjid di perkantoran maupun pemukiman. Selalu ada siraman rohani kepada kaum muslimin yang tengah berpuasa. Para takmir masjid berlomba-lomba menyusun kegiatan dan mengundang para dai kondang, untuk menarik minat jemaah.