Mengangkat Kaum Difabel dengan Bisnis Ojek

Bisnis ojek khusus kaum difabel  yang dibuka Triyono ini tergolong unik dan belum dilirik banyak pengusaha pada umumnya.
Bisnis ojek khusus kaum difabel yang dibuka Triyono ini tergolong unik dan belum dilirik banyak pengusaha pada umumnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Sekilas, kendaraan ini tidak ada bedanya dengan becak motor, yaitu sepeda motor yang mengubah dengan tambahan kursi di samping. Namun, kursi penumpang itu beralaskan jok dan dibuat senyaman mungkin. Lebih penting lagi, ada pijakan kecil yang sangat berguna bagi kaum difabel agar tidak kesulitan saat naik ke kursi penumpang.

Sejak tahun lalu, kendaraan-kendaraan itu berseliweran di Kota Yogyakarta. Orang-orang yang biasa disebut difajek, yang bisa jadi singkatan dari difabel ojek. Memang ini adalah kendaraan yang sangat ramah bagi kaum difabel yang ingin naik ojek dengan harga terjangkau. Ini adalah inovasi bisnis cemerlang dari seorang pemuda bernama Triyono. Sebelum dia, belum ada yang melirik model bisnis transportasi demikian. 

Penyandang difabel selama ini masih dipandang sebelah mata di masyarakat dan malah tidak sedikit yang dianggap beban bagi keluarganya. Itu yang membuat para orang difabel merasa minder, tidak percaya diri, dan akhirnya putus asa. Seolah mereka tak punya masa depan karena keterbatasan fisik.

Namun, anggapan picik itu didobrak oleh Triyono. Meski berstatus orang difabel, pria di Kota Yogyakarta ini tidak meratapi diri.didobrak oleh Triyono . Meski berstatus orang difabel, pria di Kota Yogyakarta ini tidak meratapi diri. berstatus orang-orang difabel , pria di Kota Yogyakarta ini tidak meratapi diri.

Dia justru tertantang untuk membantu sesama penyadang difabel di Yogyakarta sekaligus bisa mengasah bakatnya sebagai pengusaha. “Saya bisa membuktikan bahwa saya bisa berkarya, mandiri bahkan mampu menghidupi keluarga,” ujarnya suatu ketika.

Tak heran bila kini Triyono dipandang sebagai salah satu wirausahawan yang berhasil. Usaha yang dia garap tergolong unik dan ini belum banyak pengusaha pada umumnya, yaitu membuka bisnis ojek khusus kaum difabel.

Halaman Selanjutnya
img_title