Tahun Emas Real Madrid

Real Madrid juara Liga Champions 2016/2017
Real Madrid juara Liga Champions 2016/2017
Sumber :
  • Twitter/@realmadriden

VIVA – Pertandingan di Principality Stadium, Cardiff, Wales, memasuki menit 90. Bek Real Madrid, Marcelo, yang sedang menguasai bola, mampu menerobos sisi kiri pertahanan Juventus.
 
Selanjutnya, bek sayap Brasil itu melepas umpan pendek mendatar yang langsung disepak Marco Asensio. Bola melesak ke sisi kanan gawang Juventus dan berbuah gol.
 
Tidak lama berselang, peluit panjang ditiup wasit asal Jerman, Felix Brych. Para pemain Real Madrid pun merayakan kemenangan 4-1 atas Juventus di final Liga Champions, 4 Juni 2017.
 
Sebelum gol Asensio, tiga gol Madrid lainnya dicetak Cristiano Ronaldo (20', 64') dan Casemiro (61'). Satu-satunya gol Juventus dicetak Mario Mandzukic (27'). https://twitter.com/freekinfernando/status/945764781062897664 

Dengan kemenangan ini, Real Madrid pun menggoreskan tinta emas di Liga Champions. Mereka bukan hanya keluar sebagai juara, namun juga mematahkan 'kutukan' juara bertahan.
 
Sebab, sejak berganti format menjadi Liga Champions, tidak ada klub yang berhasil mempertahankan trofi 'si kuping besar'. Tapi, Madrid bisa melakukan hal itu pada 2017.
 
"Sudah pasti, kami telah membuat sejarah. Sebelumnya, tidak ada yang bisa melakukan ini. Tapi, kami bisa," kata pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, usai laga dilansir espnfc.
 
"Ini adalah hari yang bersejarah bagi semua Madridista, para pemain, saya dan keluarga kami. Hari ini bisa saya katakan, kami adalah tim yang sangat bagus," lanjut Zidane.
 
Sementara itu, kapten El Real, Sergio Ramos, menyatakan, keberhasilan luar biasa timnya diraih dengan kerja keras dan soliditas para pemain Real Madrid sebagai sebuah tim.
 
"Sukses ini datang bukan karena kebetulan. Kami tim hebat yang dilatih pelatih hebat, Zidane. Kemampuan kami menjaga kamar ganti dari rasa iri juga jadi kunci," jelas Ramos.

Real Madrid juara Liga Champions 2016/2017

Euforia pemain Real Madrid saat menjuarai Liga Champions. (Reuters/Eddie Keogh)

Selain trofi Liga Champions, Madrid pun menutup musim kompetisi 2017 dengan meraih gelar juara LaLiga. Ini menjadi akhir dari penantian panjang Madrid di ajang ini.
 
Empat tahun lamanya Madrid menantikan untuk bisa kembali mereguk nikmatnya juara liga domestik. Seperti diketahui, Madrid terakhir kali juara LaLiga pada 2012.
 
Yang lebih menggembirakan, dengan trofi tersebut Madrid pun memutus dominasi rival mereka, Barcelona, yang menyabet gelar secara beruntun di dua musim sebelumnya.
 
Cristiano Ronaldo cs mengunci gelar juara LaLiga dengan 93 poin dari 38 laga. Real Madrid unggul tiga poin atas Barcelona yang finis sebagai runner-up dengan 90 poin.
 
Prestasi Real Madrid tidak berhenti di situ. Dalam enam bulan terakhir, Madrid meraih tiga trofi bergengsi lain: Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub.
 
Tidak heran jika Presiden Real Madrid, Florentino Perez, menyatakan sangat puas atas prestasi klubnya pada 2017. Pencapaian ini tidak akan dia lupakan.
 
"2017 tidak akan pernah dilupakan oleh Madridistas," kata Perez seperti dilansir Football Espana saat merayakan Natal bersama klub, Minggu 24 Desember 2017.
 
"Yang paling penting, kami mencapai semua ini bersama-sama. Anggota kami dan suporter memainkan peran penting dalam semua kemenangan kami," jelas Perez.

Sejarah Bhayangkara FC
 
2017 menjadi tahun pertama kompetisi sepakbola Indonesia kembali bergulir setelah sempat vakum selama dua musim karena sanksi FIFA. Liga 1 berlangsung sengit hingga akhir. Bahkan, dua klub teratas di klasemen akhir, Bhayangkara FC dan Bali United, sama-sama memiliki jumlah poin sama, 68 poin.
 
Namun, Bhayangkara FC dipastikan keluar sebagai juara karena unggul head to head atas Bali United. Keberhasilan ini disambut sukacita sang pelatih, Simon McMenemy.
 
"Kunci sukses kami adalah memiliki skuat yang bagus, pemain kami juga selalu bekerja sangat keras dan tidak pernah menyerah," kata McMenemy usai membawa BFC juara.

[Baca juga: Liga 1 2017 Tak Sempurna, Gelar Juara Bhayangkara FC Ternoda]