Inggris dan Kuba yang Perkasa

Seorang penjual sayur sedang menunggu pembeli, dengan latar lukisan Presiden Fidel Castro, di sebuah pasar di Havana, Kuba.
Seorang penjual sayur sedang menunggu pembeli, dengan latar lukisan Presiden Fidel Castro, di sebuah pasar di Havana, Kuba.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Stephen Hawking, ahli kosmologi terkenal di dunia meradang. Saat publik AS memperbincangkan  ObamaCare, mereka menyinggung Hawking yang dianggap tak mendapat pelayanan baik dari layanan kesehatan Inggris, National Health System.

Kepada BBC, Hawking menyampaikan kemarahannya kepada publik AS. Ia mengaku, sejak dulu selalu menggunakan layanan kesehatan NHS, layanan kesehatan yang dikelola negara. Dan ia tak pernah menggunakan layanan swasta meski memiliki uang untuk itu.

Kesehatan telah menjadi pilar penting dalam pembangunan manusia. Itu sebabnya nyaris seluruh negara di dunia mulai memperbaiki sistem layanan kesehatan di negaranya masing-masing. Secara global, sistem ini diperkenalkan sebagai Universal Health Coverage atau layanan kesehatan universal.

World Health Organization (WHO) menjadikan layanan kesehatan universal sebagai salah satu bagian dalam Sustainable Development Goals atau SDG's 2015-2030. Namun sebelum WHO mencanangkannya sebagai bagian dari SDG's, Inggris dan Kuba sudah lebih dulu menjalankan program ini. Kedua negara ini dianggap berhasil memberikan layanan kesehatan publik yang baik.

Sorot BPJS - layanan BPJS - loket BPJS

Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan informasi kepada warga mengenai Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day di Jalan Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Di Indonesia, pemerintah mengadopsi sistem ini dalam bentuk SJSN atau Sistem Jaminan Sosial Nasional dan menunjuk Badan Pelaksana Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan sebagai pengelolanya.