Teror adalah Risiko Penegak Hukum

Basaria Panjaitan
Basaria Panjaitan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan. Sejumlah kalangan, khususnya para pegiat anti korupsi menilai, Pansel kurang transparan dan tidak bekerja secara optimal dalam menjaring orang-orang yang akan menjadi komisioner KPK.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, Pansel telah bekerja dengan baik. Meski tak lolos dalam proses seleksi, Basaria menganggap sejauh ini Pansel telah bekerja secara optimal. Menurut dia Pansel diisi oleh tokoh-tokoh senior yang memang mumpuni dalam proses seleksi. 

Kepada VIVAnews, perempuan pertama yang menjadi pimpinan KPK ini berharap, siapapun yang akan terpilih bisa meneruskan program-program yang sudah dikerjakan oleh para pimpinan KPK sebelumnya. Dia juga menekankan, bahwa tugas KPK tak hanya penindakan namun juga pencegahan. Sehingga pencegahan dan perbaikan sistem di segala lini harus terus dilakukan demi memberantas tindak pidana korupsi.

Demikian petikan wawancara yang dilakukan di ruang perpustakaan KPK, Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2019.

Pansel Capim KPK banyak dikritik karena dinilai tidak transparan. Tanggapan Anda?

Saya no komen. Kalau ada orang yang kritik tanya sama yang kritik. Kalau saya sih prinsipnya gitu. Mereka sudah dipilih, pasti ini dianggap sudah yang terbaik oleh yang memilih.

Bagaimana Anda menilai kinerja Pansel?