Kalla: Kasus Century Itu Jelas Korupsi

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menyoroti penyelamatan Bank Century yang dilakukan pemerintah pada 2008 lalu. Ia menilai kasus bail out Century yang mencapai Rp 6,7 triliun serupa dengan korupsi.

Saat berbicara dalam peluncuran buku "Korupsi Mengorupsi di Indonesia" di Graha Niaga, Jakarta, Selasa 12 Januari 2010, Kalla menegaskan ada dua jenis korupsi, yakni korupsi kebijakan dan korupsi di tingkat pelaksanaan.

"Kalau menurut saya, Century itu korupsi kebijakan sekaligus pelaksanaan. Korupsi kebijakan, yang mengatasnamakan krisis global. Sedangkan korupsi pelaksanaan ya di aliran yang itu," tegas dia.

Korupsi kebijakan, kata dia, jauh lebih berbahaya karena akibatnya akan merembet sampai satu generasi ke depan. Kalla lalu menyontohkan soal ekspor gas dari Natuna ke China yang dibandrol murah.

Padahal China menggunakan gas itu untuk memproduksi barang-barang yang kemudian dieskpor ke Indonesia. Contoh korupsi kebijakan lainnya adalah perpanjangan izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH), di mana sejumlah menteri menyetujuinya.

Kalla juga menyesalkan lemahnya tindakan hukum dalam kasus Century. "Kalau di masa Pak Habibie saja yang terlibat kasus Bank Bali masuk penjara, masak kasus Century yang berkali-kali lipat lebih besar tidak ada yang masuk penjara. Korupsi di Indonesia ini kan sudah menggurita," kata dia.

Tidak hanya di level atas, tapi juga level bawah. Ia menyontohkan saat masih menjadi pengusaha, kapal miliknya yang mengangkut TKI ditangkap kepolisian Malaysia. Saat itu para TKI memberi tip kepada aparat Malaysia di atas meja. "Ini karena di Indonesia kalau mau meninggalkan satu daerah selalu memberikan hadiah. Artinya budaya kita juga sudah menggurita," kata dia.

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024
PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) [dok. IWIP]

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menegaskan komitmen untuk selalu memberikan kesempatan dan ruang bagi karyawan yang ingin belajar, hingga berkembang maju.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024