Pengacara Tersangka Korupsi Lolos Seleksi KPK

Kuasa Hukum Anggodo Widjojo, Bonaran Situmeang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sejumlah pengacara lolos dalam seleksi administrasi Calon Pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari daftar nama-nama yang dikeluarkan oleh Panitia Seleksi pada Minggu, 27 Juni 2010 terdapat beberapa nama pengacara yang pernah membela sejumlah tersangka dan terdakwa kasus korupsi.

Salah satunya adalah pengacara yang terlibat langsung dalam kasus dua pemimpin KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah. Dialah pengacara Anggodo Widjojo, Bonaran Situmeang. Anggodo adalah terdakwa dugaan percobaan suap kepada KPK untuk memuluskan perkara kakaknya, Anggoro Widjojo.

Lalu, ada juga pengacara Sugeng Teguh Santoso. Sugeng adalah pengacara Ary Muladi, orang yang diduga telah diminta Anggodo untuk menyerahkan sejumlah uang suap kepada pemimpin KPK melalui sosok misterius, Yulianto.

Selain itu, juga ada nama Alamsyah Hanafiah. Dia adalah pengacara Muhtadi Asnun, hakim yang diduga menerima suap dalam kasus mafia pajak Gayus Tambunan.

Lalu tertera nama Partahi Sihombing, pengacara Nunun Darajatun yang merupakan saksi kunci dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia tahun 2004.

Menanggapi lolosnya sejumlah pengacara yang terkait dengan sejumlah tersangka dan terdakwa kasus korupsi itu, Ketua Panitia Seleksi, Patrialis Akbar menyatakan tidak masalah karena seleksi baru sampai tahap administrasi.

"Tahap ini kan masih tahap administrasi. Nanti dalam seleksi integritas kita pertimbangkan semuanya," kata Patrialis. (kd)

Saling Intip Kekuatan Menuju Olimpiade 2024, PBSI Tak Mau Kecolongan
Miss Mega Bintang Indonesia 2024 di Candi Sewu

Kehadiran Miss Mega Bintang Indonesia 2024 Menambah Keindahan Candi Sewu

Sebanyak 50 finalis Miss Mega Bintang Indonesia 2024 memperagakan karya-karya desainer yang berkolaborasi dengan batik dari Iwan Tirta Private Collection.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024