Siti Fadilah Tak Tahu Ada Proyek Rontgen

Menkes, Siti Fadilah Supari memberikan keterangan terkait kasus flu babi
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, menyatakan tidak tahu ada proyek pengadaan alat kesehatan rontgen pada 2007 di departemennya. Siti pun mengaku tidak menandatangani proyek tersebut.

"Saya tidak tahu. Itu proyek kecil dan sudah ada di anggaran. Pengadaan itu tidak perlu tanda tangan saya," kata Siti Fadilah usai diperiksa penyidik KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Senin 9 Agustus 2010.

Selama pemeriksaan, Siti Fadilah mengaku dicecar mengenai perkenalannya dengan tersangka Sjafii Ahmad, yang juga mantan Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan. "Penyidik tanya apakah betul Syafii sekjen anda," ujarnya.

Sjafii Ahmad adalah tersangka terbaru dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat rontgen ini. Dia ditahan sejak Kamis 5 Agustus, dan saat ini dititipkan di tahanan Polres Jakarta Pusat.

Selain Sjafii, KPK sudah menetapkan tiga tersangka lain. Mereka adalah Direktur Bina Kesehatan Komunitas Kementerian Kesehatan Edi Suranto, mantan Kepala Biro Perencanaan pada Setjen Depkes, Mardiono, dan mantan Komisaris PT Kimia Farma Trading and Distributor, Budiarto Maliang.

Mardiono sudah divonis bersalah dan dihukum dua tahun penjara. Sedangkan Budiarto dituntut jaksa selama delapan tahun penjara.

Para tersangka diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp9,4 miliar dalam proyek pelaksanaan pengadaan alat rontgen portable untuk pelayanan puskesmas di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, dan pulau-pulau kecil di Biro Perencanaan dan Anggaran Sekjen Depkes. (sj)

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024