"Yang Bikin Sisminbakum Romli dan Yusril"

foto ilustrasi keadilan
Sumber :

VIVAnews - Kubu Zulkarnain Yunus menilai tuntutan jaksa terlalu tinggi untuk dikenakan pada Zulkarnain Yunus. Hukuman itu bahkan melebihi hukuman terhadap Romli Atmasasmita.

"Tujuh tahun penjara dan denda Rp500 juta, harta apa yang saya makan?" kata Zulkarnain, usai persidangan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 11 Agustus 2010.

Namun dia mengaku pasrah dengan tuntutan jaksa yang dua tahun lebih tinggi dari Romli Atmasasmita dan Syamsudin Manan Sinaga. "Kalau mau mendzolimi saya silakan saja," kata dia.

Sementara itu, pengacara Zulkarnain Yunus, Sulistyowati juga mengatakan hal senada. "Seperti tidak melihat fakta-fata di persidangan, yang bikin saja tidak segitu," kata Sulis dengan nada kesal.

Sulis mengatakan, Zulkarnain bukanlah pembuat Sisminbakum. Dia hanya meneruskan kebijakan dirjen sebelumnya. "Yang bikin Pak Romli dan Pak Yusril," ujarnya.

Sebelumnya jaksa menuntut Zulkarnain dengan tujuh tahun penjara, denda Rp500 juta subsidair enam bulan kurungan. Dia juga dikenakan pidana tambahan sebesar Rp9,1 miliar. Jumlah tersebut merupakan dana masyarakat yang ditarik sisminbakum selama Zulkarnain menjabat sebagai direktur Jenderal.

Dia dijerat pasal 12 huruf e Jo pasal 18 UU Tindak Pidana Korupsi, Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Dia dituding bersama-sama Yusril Ihza Mahendra, Yohanes Woworuntu, Ali Amran Djannah dan Sutarmanto bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi. (adi)

Jangan Kaget Beli Innova Zenix Sekarang, Perlu Siapkan Uang Lebih
Ilustrasi  jalan di Bali dipasangi penjor atau janur kuning sambut  delegasi internasional di Bali

Tokoh Bali Ngurah Harta Pastikan Bali Aman, Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10

Tokoh masyarakat Bali, I Gusti Ngurah Harta, memastikan Bali siap menggelar World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18-25 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024