Kualifikasi Piala Eropa 2016

Polandia Seri, Ketajaman Striker Bayern Munich Jadi Sorotan

Sumber :
  • Reuters / Russell Cheyne
VIVA.co.id
Leicester Gaet Bintang Muda Timnas Polandia
- Gol demi gol belum juga berhenti ditorehkan Robert Lewandowski. Penyerang Bayern Munich ini menyumbangkan 2 gol saat membela negaranya, Polandia, di Kualifikasi Piala Eropa 2016, Kamis 8 Oktober 2015 (Jumat dini hari WIB).

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
Dua gol Lewandowski gagal mengantarkan Polandia meraih kemenangan. Tim berjuluk The White Eagles itu hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Skotlandia di Hampden Park, Glasgow.

Sebelum Depak Benfica, Bomber Bayern Kecelakaan Mobil
Namun, gol-gol tersebut membuat Lewandowski mencatat rekor luar biasa. Mantan pemain Borussia Dortmund ini mampu mencetak 14 gol dari 5 pertandingan terakhir bersama klub dan negaranya. Itu artinya, dia mencetak rata-rata 2,8 gol per pertandingan.

Lewy juga kini tercatat sebagai top scorer Kualifikasi Piala Eropa 2016. Pemain 27 tahun ini sudah menorehkan 12 gol di babak kualifikasi.

Dia sukses mengalahkan Thomas Mueller (Jerman) yang menorehkan 8 gol, serta Edin Dzeko (Bosnia-Herzegovina), Wayne Rooney (Inggris), Kyle Lafferty (Irlandia Utara), dan Artyom Dzyuba (Rusia), yang sama-sama mengumpulkan 7 gol.

Seperti dilansir situs resmi UEFA, Lewy juga kini sudah mendekati rekor pencetak gol terbanyak di babak Kualifikasi Piala Eropa. Sementara ini, rekor terbanyak masih dipegang David Healy (Irlandia Utara) yang mencetak 13 gol di Kualifikasi Piala Eropa 2008.

Polandia masih menyisakan satu laga kualifikasi melawan Irlandia pada 11 Oktober 2015 mendatang. Peluang Lewy untuk mematahkan rekor Healy masih sangat terbuka. Apalagi, dia hanya butuh dua gol lagi untuk mencatat rekor baru.

Berikut pencetak gol terbanyak di satu Kualifikasi Piala Eropa:

13 Gol:
David Healy, Irlandia Utara (Kualifikasi Piala Eropa 2008)

12
Robert Lewandowski, Polandia (Kualifikasi Piala Eropa 2016)
Klaas-Jan Huntelaar, Belanda (Kualifikasi Piala Eropa 2012)
Davor Suker, Kroasia (Kualifikasi Piala Eropa 1996)

11
Raul González, Spanyol (Kualifikasi Piala Eropa 2000)
Toni Polster, Austria (Kualifikasi Piala Eropa 1996)
Ole Madsen, Denmark (Kualifikasi Piala Eropa 1964)

10
Eduardo, Kroasia (Kualifikasi Piala Eropa 2008)
Hristo Stoichkov, Bulgaria (Kualifikasi Piala Eropa 1996)
Darko Pancev, FYR Macedonia (Kualifikasi Piala Eropa 1992)
(one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya