7 Rekor Si Sosok 'Terlupakan' di Ajang Liga Champions

Iker Casillas
Sumber :
  • REUTERS/Andrea Comas

VIVA.co.id - Ajang Liga Champions, atau yang dulu di sebut Piala Eropa, kerap kali memunculkan penyerang-penyerang baru dengan berbagai rekor. Tapi, bagaimana dengan para kiper?

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
Para kiper sendiri kerap kali dilupakan tetapi sebenarnya keberadaan mereka tak bisa dianggap remeh. Penyelamatan penting tentu sangat menentukan hasil akhir pertandingan.
 
Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Berbagai rekor pun dicatatkan para kiper. Mulai dari paling banyak tampil di Liga Champions, paling lama gawangnya tidak kebobolan, sampai ada yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.
 
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal
Berikut tujuh catatan menarik para kiper di ajang Liga Champions, yang dilansir VIVAbola dari berbagai sumber:
 
1. Eks kiper Real Madrid yang sekarang membela Porto, Iker Casillas, mencatatkan diri sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions sebanyak 156 kali setelah memulai debutnya pada 1999. 
 
2. Jens Lehmann jadi kiper yang catatkan rekor tak kebobolan (clean sheet) beruntun paling banyak, yaitu 10 pertandingan untuk Arsenal dalam musim 2005-06 dan 2006-07. Total gawangnya tak kebobolan selama 853 menit.
 
 
3. Arsenal juga tercatat sebagai klub dengan clean sheets beruntun paling banyak dengan 10 kali pada 2005 dengan total 995 menit tak kebobolan mulai September 2005 sampai Mei 2006. Rekor itu dicatatkan oleh dua kiper yaitu Lehmann tampil selama 648 menit dan Manuel Almunia selama 347 menit.
 
Kiper Pencetak Gol di Liga Champions
4. Kiper Steua Bucharest, Helmuth Duckadam, sampai sekarang jadi satu-satunya kiper yang pernah mengagalkan empat penalti dalam drama adu penalti di final 1986 antara Steua melawan Barcelona.
 
5. Kiper legendaris Ajax Amsterdam, Heinz Stuy, menjadi satu-satunya kiper yang bisa mencatatkan tiga clean sheets berturut-turut pada laga final yaitu di 1971, 1972, dan 1973.
 
6. Manchester United mencatatkan rekor tak kebobolan paling lama sejak awal kompetisi, selama 481 menit pada 2010-11. Mereka jadi satu-satunya tim yang bermain di enam laga tandang Liga Champions dalam satu musim tanpa kebobolan.
 
 
7. Sinan Bolat adalah satu-satunya kiper yang berhasil mencetak sebuah gol lewat open play. Gol menit akhirnya (90+5) membawa Standard Liege menyamakan kedudukan atas AZ Alkmarr pada 9 Desember 2009. Liege akhirnya duduki peringkat tiga Grup H dan tampil di Europa League.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya