5 Debutan Termuda Timnas Inggris Sebelum Wonderkid MU

Pemain Manchester United, Marcus Rashford.
Sumber :
  • Reuters / Phil Noble

VIVA.co.id – Roy Hodgson telah memanggil striker 18 tahun Manchester United, Marcus Rashford, untuk berlatih di skuat timnas Inggris. Dia berpeluang masuk daftar 23 pemain, yang bakal dibawa Hodgson ke Prancis untuk Piala Eropa 2016.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Namun, dengan usia hampir 19 tahun pada Oktober nanti, Rasford ternyata bukan pemain Inggris termuda dalam hal debut internasional. Ada lima pemain yang lebih dulu dan lebih muda dari Rashford, dalam sejarah timnas Inggris.

Dikutip dari Sunsports, Selasa 17 Mei 2016, pemain paling muda adalah Theo Walcott. Bintang Arsenal, itu tampil pertama kali untuk timnas Inggris dalam usia 17 tahun 75 hari, di pertandingan persahabatan Piala Dunia antara Inggris vs Hungaria, pada 30 Mei 2006.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Dia bermain untuk pertama kalinya, dengan menjadi pemain pengganti untuk Michael Owen. Walcott bahkan menjadi pencetak hattrick temuda untuk tim senior, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Kroasia, pada September 2008.

Kedua adalah Wayne Rooney, yang memulai debut saat melawan Australia pada Februari 2003, dalam usia 17 tahun 110 hari. Bintang Manchester United itu menjadi pencetak gol termuda Inggris, 7 bulan kemudian, dalam laga melawan Macedonia.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Mantan wonderkid Everton tersebut bermain dalam tiga turnamen Piala Dunia pada 2006, 2010 dan 2014. Kini, Rooney menjadi pemegang rekor pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris, sebanyak 51 gol.

Ketiga, Raheem Sterling di usia 17 tahun 341 hari. Penyerang sayap Manchester City, itu dipanggil masuk timnas Inggris pada awal musim 2012/2013, menggantikan Theo Walcott untuk pertandingan melawan Ukraina. Kurang dari sepekan setelah debutnya bersama U19 melawan Jerman.

Tapi, dia akhirnya tidak diturunkan. Setelah mendapat lebih banyak kesempatan bermain di Liverpool (klub lamanya), Sterling akhirnya memperoleh kesempatan debut di laga melawan Swedia, pada 14 November 2012.

Keempat adalah Michael Owen, yang melakoni debut pada Februari 1998 melawan Chile, dan terjadi saat berusia 18 tahun 59 hari. Owen kemudian menjadi pencetak gol termuda Inggris, saat menghadapi Maroko pada Mei. Rekor pencetak gol termuda, kemudian dipecahkan oleh Rooney, lima tahun kemudian.

Kelima, Micah Richards, debut melawan Belanda pada November 2006, dalam usia 18 tahun 143 hari. Richards sebenarnya mengatakan merasa terlalu muda, untuk bermain bagi timnas Inggris, saat memperoleh kesempatan debut di usia 18 tahun.

Dia dipanggil ke timnas, hanya setelah 28 pertandingan profesional bersama Manchester City, menggantikan Gary Neville yang mundur karena cedera. Richards pun menjadi bek termuda Inggris, memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki Rio Ferdinand.

Richards bahkan membuat gol internasional dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2008, melawan Israel pada September 2007 di Wembley. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya