Putuskan Pensiun, Ini Catatan Karier Fantastis Philipp Lahm

Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm
Sumber :
  • Reuters / Sergio Perez

VIVA.co.id – Philipp Lahm telah memutuskan pensiun dari dunia sepakbola. Kapten Bayern Munich ini akan menyudahi kariernya pada akhir musim ini.

Real Madrid Juara Liga Champions 14 Kali karena Dibantu Wasit

Lahm merupakan bagian penting di lini pertahanan Bayern sejak melakoni debut di tim utama pada 2005. Pemain 33 tahun ini tergolong serbabisa, karena mampu tampil di posisi bek kiri, bek kanan, ataupun gelandang bertahan.

Masa bakti Lahm bersama Bayern sebenarnya bukan dimulai sejak 2005. Dia sudah bergabung dengan tim junior FC Hollywood pada 1995, saat masih berusia 11 tahun.

Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

(Baca juga: Legenda Jerman Akhirnya Putuskan Pensiun)

Seperti dilansir Goal, sejak Lahm melakoni debut pada 2005, Bayern telah ditukangi sembilan pelatih. Satu hal yang tak berubah, Lahm tetap menjadi andalan tim raksasa Bundesliga tersebut.

Bungkam Bayern Munich, Real Madrid Tantang Borussia Dortmund di Final Liga Champions

Lahm tampil dalam 338 partai liga bersama Bayern. Dia sukses menorehkan 223 kemenangan dan juga sukses mencatat 129 clean sheet.

Dalam kurun waktu tersebut, Lahm juga beberapa kali berperan terhadap gol yang dicetak Bayern. Dia sukses mencetak 11 gol dan 42 assist.

Yang luar biasa, Lahm tidak pernah sekalipun mendapatkan kartu merah. Dia hanya mengoleksi 26 kartu kuning dalam 11,5 tahun karier profesional bersama Die Roten.

Soal gelar, Lahm sudah meraih segalanya. Dia sukses merebut 7 gelar Bundesliga, 6 DFB-Pokal, 1 DFL-Ligapokal, 3 DFL-Supercup, 1 Piala Super Eropa dan 1 Piala Dunia Klub.

Pencapaian di musim 2012-13 adalah yang paling istimewa untuk Lahm. Dia membawa Bayern meraih treble winners, yakni Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions.

Lahm juga sosok yang tak tergantikan di Timnas Jerman. Dia mencetak 5 gol dalam 113 penampilan bersama Der Panzer. Gelar Piala Dunia 2014 menjadi pelengkap sukses Lahm. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya