Jet Tempur Rusia dan AS Hampir Bentrok di Langit Mediterrania

VIVA Militer: Pesawat Tempur SU-23 milik Rusia
Sumber :
  • Telegraf

VIVA – Ketegangan kembali terjadi antara militer Rusia dan Amerika Serikat (AS). Untuk kesekian kalinya, jet tempur milik Pasukan Beruang Merah dianggap mengancam armada militer AS.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menurut laporan CNN, peristiwa ini terjadi di wilayah Laut Mediterania, Minggu 19 April 2020 waktu setempat. Saat itu, sebuah jet tempur Rusia, Sukhoi SU-35, terbang mendekati pesawat patroli AS, P-8A. 

Dalam pernyataan resminya, Angkatan Laut AS (US Navy) menyebut bahwa SU-35 milik Rusia itu melakukan manuver yang yang tidak aman di dekat P-8A. Pihak US Navy juga menegaskan bahwa jet tempur Rusia itu melanggar aturan penerbangan internasional.

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

"Tindakan yang tidak perlu dari pilot SU-35 Rusia tidak konsisten dengan penerbangan yang baik, dan aturan penerbangan internasional," bunyi pernyataan US Navy.

"Saat pesawat Rusia beroperasi di wilayah udara internasional, interaksi ini sangat tidak bertanggung jawab. Kami berharap mereka berperilaku susuai dengan standar internasional dengan memastikan keselamatan dan mencegah insiden," lanjut pernyataan US Navy.

Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

Ketegangan antar militer Rusia dan AS memang bukan yang pertama kali. Ini adalah yang kedua kalinya jet tempur Rusia dianggap mengancam militer AS pada bulan ini.

Sebelumnya, jet tempur AS, F-22 Raptor menghadang dan mengusir pesawat intai Rusia Ilyushin Il-38 yang memasuki wilayah Alaska. Sontak, kejadian itu membuat Komando Pertahanan Ruang Udara Amerika Utara (NORAD) mengeluarkan reaksi keras.

Lalu pada 9 Maret 2020, F-22 Raptor juga mengusir persawat pengintai maritim Rusia, Tupolev Tu-142, di wilayah udara Laut Baeufort, Alaska.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya