Ini Eurofighter Typhoon, Jet yang Mau Diborong Prabowo Buat TNI

VIVA Militer: Sistem Pertahanan Diri Pesawat Jet Tempur Eurofighter Typhoon
Sumber :
  • Website Eurofighter Typhoon

VIVA – Saat ini tengah beredar bahwa Menteri Pertahanan yang juga mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Prabowo Subianto melirik pesawat jet tempur besutan lima benua Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, dan Rusia).

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Padahal Indonesia sudah digadang-gadang akan membeli jet tempur milik Rusia yaitu Sukhoi SU-35 sebanyak 11 unit pesawat yang dibanderol dengan harga 115.5 juta Dolar Amerika atau setara dengan 1.665 Miliar Rupiah.

Meski tidak jadi membeli jet buatan Rusia, Prabowo selalu punya rencana cadangan. Kali ini eks Danjen Kopassus itu akan membeli jet tempur milik Eropa yaitu Eurofighter Typhoon. Namun Prabowo tidak akan membeli pesawat baru, melainkan second dari Austria.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Bagian Kokpilot Eurofighter Typhoon

Nah VIVA Militer edisi Selasa 21 Juli 2020, akan mengulik mengenai fitur-fitur apa saja yang terdapat pada pesawat seharga 1.303 Miliar Rupiah itu.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Manurut data yang dilansir dari situs resmi milik Eurofighter Typhoon, pesawat ini menghadirkan tingkat fleksibilitas dan efesiensi yang patut ditiru.

Pesawat besutan lima benua Eropa mengklaim bahwa hanya Eurofighter Typhoon yang memiliki ketersediaan senjata yang memadai. Eurofighter Typhoon mampu membawa hingga 6 bom dan di sisi lain juga mampu membawa enam rudal, meriam, bahkan pod penargetan.

Pesawat ini dibangun dengan material komposit canggih untuk menghasilkan profil radar rendah dan memiliki badan pesawat yang kuat. Hanya 15% permukaan pesawat yang terbuat dari logam, sehingga mampu mengoperasikan metode siluman dan perlindungan dari sistem berbasis radar.

VIVA Militer: Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon dilengkapi dengan sensor terbaik untuk memberikan pengalaman yang tak tertandingi dengan mulus saat pilot mengintegrasikan data. Selain itu keunggulan Informasi Fusion juga memungkinkan pilot untuk mendominasi ruang pertempuran.

Memiliki sistem pengoperasian yang begitu canggih, Eurofighter Typhoon juga dilengkapi dengan rudal untuk serangan Udara-ke-Udara Jarak Pendek (SRAAM). Selain itu, juga dilengkapi Mauser Cannon the Eurofighter Typhoon 27mm yang membawa teknologi rudal udara-ke-udara jarak-jauh-jarak-jauh (BVR) terbaru, seperti rudal meteor jarak jauh yang canggih.

Maka tidak heran ya jika Prabowo melirik pesawat jet Eurofighter Typhoon ini untuk menggantikan Sukhoi SU-35. 

Baca: Cermin Rias Wajah Teraneh Dunia, Dipenuhi Kode Rahasia CIA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya