Angkatan Udara Taiwan Usir Paksa Jet Tempur China dari Selat Taiwan

VIVA Militer: Jet tempur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Shenyang J-11
Sumber :
  • Reddit

VIVA – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, Angkatan Udara Taiwan telah mengusir paksa sejumlah jet tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada Senin siang, 10 Agustus 2020.

Jet Tempur F-16 Singapura Jatuh

"Angkatan Udara Taiwan telah menangkis beberapa jet tempur China yang sempat memasuki wilayah udara pulau Taiwan pada Senin pagi," bunyi pernyataan Kementerian Perhatahanan Taiwan dikutip VIVA Militer dari Sputnik News, Senin, 10 Agustus 2020.

Menurut otoritas pertahanan Taiwan, pesawat tempur PLA berhasil teridentifikasi oleh radar rudal anti-pesawat berbasis darat. Dalam tangkapannya, beberapa jet tempur China itu telah melintasi garis median Selat Taiwan yang telah memisahkan antara Taiwan dengan daratan China.

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Ironisnya, sejumlah jet tempur milik Angkatan Udara China itu masuk ke Taiwan sehari setelah kunjungan resmi Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar ke Taiwan.

Kendati demikian, Beijing hingga saat ini masih belum angkat bicara terkait dengan insiden pengusiran paksa pesawat tempurnya itu. 

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Perlu diketahui, pengusiran jet tempur China itu diperkirakan akan meningkatkan ketegangan antara China dan Taiwan di Selat Taiwan.

Baca : China Akan Bangun Pangkalan Militer di Iran, AS Kebakaran Jenggot

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Israel, Mayor Jenderal Yoav Gallant

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Sikap Gallant berubah.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024