Taiwan dan AS Ketar-ketir, China Luncurkan Kapal Perang Siluman Lagi

VIVA Militer: Kapal perusak Type 055 Angkatan Laut China (PLAN), Nanchang 101
Sumber :
  • Defencetalk

VIVA – Armada tempur laut militer China kian hari kian mengerikan. Setelah membangun kapal induk ketiganya, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China dikabarkan akan segera meluncurkan kapal perusak siluman Type 055 kedelapannya.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari South China Morning Post (SCMP), kapal perusak siluman Type 055 terbaru militer China tengah dalam tahap akhir pembuatan. Kapal dengan teknologi canggih itu disebut sedang dicat di galangan kapal perusahaan industri perkapalan terbesar China, Dalian Shipbuilding Industry.

Memasuki tahap akhir proses pembuatan, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China dan Dalian Shipbuildung Industry diperkirakan bakal segera memperkenalkan kapal Type 055 unit kedelapan. Sebelumnya, kapal perusakType 055 ketujuh juga diluncurkan pada Mei 2020 lalu.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari The National Interest, kapal perusak siluman Type 055 yang pertama sudah diluncurkan pada Pada pertengahan 2017 silam. Kapal itu adalah Nanchang 101, yang resmi memasuki masa tugas operasi sejak Januari 2020.

VIVA Militer: Kapal perusak siluman Type 055 Nanchang 101 Angkatan Laut China

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Memiliki bobot mencapai 12.000 ton, kapal perusak siluman Type 055 dianggap sebagai kapal perusak paling kuat kedua di dunia, setelah kelas Zumwalt milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) senilai US$4 miliar, atau setara dengan Rp59,1 triliun per unitnya.

Dengan panjang mencapai 590 kaki (178,9 meter), kapal perusak siluman Type 055 memiliki ukuran sedikit lebih besar daropada kapal penjelajah AS kelas Ticonderoga. 

Bukan cuma berukuran besar, kapal perusak siluman Type 055 punya persenjataan dahsyat. Salah satunya adalah rudal kendali berbasis peluncuran permukaan-ke-udara. Selain itu, kapal Type 055 juga punya rudal jelajah anti-kapal, rudal jelajah serangan darat, dan torpedo anti-kapal selam.

Lebih mengerikan lagi, kapal ini juga dikabarkan punya senjata elektromagnetik yang mampu menyerang target sejauh 124 mil (199,5 kilometer) dengan kecepatan 1,6 mil (2,57 kilometer) per detik. 

VIVA Militer: Kapal perusak siluman Type 055 Nanchang 101 Angkatan Laut China

Kapal perusak siluman Type 055 dirancang untuk mendukung kapal induk Shandong 002, yang merupakan kapal induk pertama produksi China yang dilengkapi dengan senjata elektromagnetik. Peluncuran unit kedelapan kapal perusak Type 055, jelas semakin membuat Amerika semakin khawatir.

Di sisi lain, bukan cuma AS saja yang ketar-ketir dengan peningkatan signifikan armada tempur laut militer China. Taiwan yang saat ini tengah jadi sasaran serangan China, juga mengalami ketakutan yang sama. Apalagi, armada tempur laut China masih terus bersiaga di wilayah tenggara pantai Taiwan.

BACA: Turki Mau Sikat Yunani Pakai Jet Tempur Canggih Buatan Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya