Ngeri, Helikopter Militer Amerika Hancur Ditembak Roket di Jakara

VIVA Militer: Helikopter militer Amerika Serikat meledak terkena serangan roket
Sumber :
  • The National

VIVA – Sebuah insiden mengerikan terjadi di provinsi Al-Hasakah, Suriah. Satu unit helikopter milik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces), hancur setelah ditembak jatuh roket milisi Suriah di Pangkalan Udara al-Shadadi, Senin 3 November 2020.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Menurut laporan yang dikutip dari BulgarianMilitary.com, helikopter militer Amerika terbakar saat terbang di wilayah Al-Hasakah sebelum akhirnya jatuh dan hancur. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui nasib para awak helikopter nahas tersebut.

Dalam data lain yang dikutip VIVA Militer dari surat kabar Suriah, Muresalon, diduga penyebab helikopter terbakar dan jatuh bukan karena kerusakan mesin. Helikopter militer AS itu diyakini terkena serangan roket kelompok milisi Suriah. 

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Dugaan ini muncul setelah pada Sabtu 24 Oktober 2020, pesawat tanpa awak (drone) militer Amerika menyerang sebuah gedung yang diyakini adalah markas kelompok milisi Suriah, di desa Jakara, provinsi Idlib. Akibat serangan tersebut, 22 orang tewas. Lima korban tewas adalah warga sipil, sementara 17 orang lainnya adalah anggota pemberontak Suriah.

Salah satu dari 17 korban tewas akibat serangan drone militer AS adalah komandan kelompok milisi Hay'at Tahrir Al-Sham, organisasi teroris yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Negara Islam Irak dan Syam (ISIL).

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Tak hanya itu, saat drone militer Amerika melancarkan serangan, diketahui ada 11 panglima kelompok teroris Hay'at Tahrir Al-Sham dan sejumlah mantan komandan ISIS dan ISIL. Pertemuan ini diduga untuk menyusun rencana serangan, sebagai penentangan atas kesepakatan Rusia-Turki yang pada akhirnya sepakat untuk melakukan gencatan senjata.

VIVA Militer: Gedung Konsulat Iran di Damaskus hancur akibat serangan Israel

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Pasukan Iran ditarik dari wilayah selatan Suriah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024