Foto Kapal Induk Ketiga Militer China Ditutupi Kain Merah Bikin Geger

VIVA Militer: Kapal induk ketiga Angkatan Laut China (PLAN) segera diluncurkan
Sumber :
  • Global Times

VIVA – Meski pandemi Virus Corona (COVID-19) masih belum berakhir, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) terus melakukan peningkatan kekuatan tempurnya. Dengan ambisi memiliki armada militer terkuat di dunia, militer China akan segera meluncurkan kapal induk ketiganya.

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Dalam laporan Global Times yang dikutip VIVA Militer, sebuah foto yang diduga kapal induk ketiga Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) muncul ke publik. Foto itu menunjukkan sebuah benda yang memiliki kontur kapal induk tengah ditutupi kain merah.

Kabar akan segera diluncurkannya kapal induk ketiga militer China, memang sudah beredar sejak Oktober 2020 lalu. Sejumlah media Amerika Serikat (AS) menyebut bahwa kapal induk Type 003 memiliki teknologi super canggih dan memiliki bobot hingga 80.000 ton.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Kapal induk Type 003 adalah kapal induk kedua yang dibangun sendiri oleh China, setelah Type 002 Shandong, yang sudah diluncurkan pada 2017 silam. Sementara itu, kapal induk Type 001 Liaoning dibeli China dari Uni Soviet pada 1988.

Photo :
  • Military Watch Magazine
Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Ternyata, bukan hanya kapal induk ketiga yang akan segera diluncurkan. Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) akan segera mendapatkan pesawat pembom siluman terbaru Xian H-20.

Song Zhongping, seorang pakar militer China memberikan pernyataan kepada media yang berafiliasi dengan Partai Komunis China (CCP), bahwa pesawat siluman H-20 juga akan diluncurkan tahun ini. 

"2021 adalah tahun penuh harapan, termasuk kapal induk Type 003 dan juga (pesawat) pembom H-20. Sudah saatnya perkembangan teknologi kita membuahkan hasil," ujar Song.

Perlu diketahui, dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Sun, pesawat siluman Xian H-20 diyakini mampu menempuh jarak hingga 7.500 mil, atau setara dengan 12.070 kilometer. 

Tak hanya itu, pesawat yang dibuat oleh Perusahaan Industri Pesawat Xian (Xi'an Aircraft Industrial Corporation) memiliki kecepatan mencapai 630 mil per jam, atau sama dengan 1013,89 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya