Kejadian Aneh Kapal Selam Nuklir Amerika 6 Hari Tenggelam di Utara RI

VIVA Militer: USN 22
VIVA Militer: USN 22
Sumber :
  • US NAVY

VIVA – Sebuah kecelakaan terjadi di dasar samudera di perairan Indo-Pasifik utara wilayah Indonesia.

Kapal selam nuklir militer Amerika Serikat, USS Connecticut (SSN 22) dikabar tenggelam selama enam hari dalam pelayaran dari Guam.

Berdasarkan siaran resmi Pusat Komando Angkatan Laut Armada Pasifik Militer Amerika yang didapatkan VIVA Militer, Jumat 8 Oktober 2021, SSN 22 tenggelam akibat kecelakaan tak wajar di dasar laut.

Jadi menurut US Navy, kapal selam sepanjang 353 kaki secara tak terduga menabrak benda aneh yang tidak diketahui identitasnya. Peristiwa itu terjadi pada 2 Oktober 2021, dan baru ketahuan hari ini.

"Kapal selam serang cepat kelas Seawolf USS Connecticut (SSN 22) menabrak sebuah objek saat tenggelam pada sore hari 2 Oktober, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik," kata US Navy.

Benturan hebat merusak beberapa bagian kapal selam. Namun, US NAVY memastikan kondisi kapal masih bisa bergerak. Dan yang terpenting ruang pembangkit nuklir aman.

"Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Tingkat kerusakan pada sisa kapal selam sedang dinilai," tulis US Navy.