Operasi Rahasia Terkuak, Amerika Dalang Pecahnya Puluhan Perang Dunia

VIVA Militer: Joe Biden dan Donald Trump
VIVA Militer: Joe Biden dan Donald Trump
Sumber :
  • salon.com

VIVA – Sederet bukti membongkar keterlibatan Amerika Serikat (AS) sebagai dalang dari puluhan perang proksi yang meletus di seluruh dunia. Sebuah otoritas khusus yang sangat rahasia, digunakan Negeri Paman Sam untuk merusak sebuah negara dengan kedok operasi kontra-terorisme.

Dilansir VIVA Militer dari Russia Today, bukti-bukti keterlibatan Amerika sebagai biang kerok terjadinya perang dibongkar oleh media investigasi nirlaba yang juga berasal dari AS, The Intercept.

Media tersebut mengklaim telah mendapat sejumlah data berupa dokumen rahasia dari Freedom of Information Act (FOIA). Dalam artikel yang dipublikasi The Intercept, Jumat 1 Juli 2022, Amerika disebut telah menjalankan program rahasia dengan sandi "127e".

Berkedok operasi kontra-terorisme, Amerika dengan program 127e diduga telah menjadi aktor utama meletusnya 23 perang proksi di seluruh dunia. 

VIVA Militer: Pasukan elite Delta Forces militer Amerika Serikat di Afghanistan

VIVA Militer: Pasukan elite Delta Forces militer Amerika Serikat di Afghanistan

Photo :
  • reddit.com

Puluhan perang itu pecah di wilayah Asia-Pasifik dan Timur-Tengah, periode 2017 hingga 2020. Itu berarti, operasi rahasia ini sudah dimulai sejak era kepemimpinan Presiden Donald Trump hingga Joe Biden.

Pada awalnya, The Intercept menemukan bukti bahwa Amerika dengan program 127e telah menciptakan 14 perang proksi di kawasan Asia-Pasifik. Kemudian pada 2020, ditemukan lagi data yang lebih mengejutkan, meletusnya 11 perang proksi di kawasan Timur Tengah.