Hantam Pasukan Rusia, Ukraina Rebut Balik Wilayah Utara Kharkiv

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina di wilayah Kharkiv
Sumber :
  • foxnews.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) diklaim telah berhasil meraih kemenangan besar dalam pertempuran di Oblast (Provinsi) Kharkiv. Pasukan Ukraina disebut berhasil merebut kembali ratusan kota di bagian utara Kharkiv, dari pendudukan militer Rusia.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Adalah Yuriy Sak, Penasihat Menteri Pertahanan Ukraina, yang mengungkap kabar kemenangan di Kharkiv. Diungkap Sak, militer Ukraina berhasil mengusir pasukan Rusia yang sebelumnya menduduki lebih dari 400 kota di Kharkiv.

Gerak maju pasukan Ukraina disebut Sak harus berjalan konsisten. Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah terus menekan dan tidak memberikan kesempatan bagi militer Rusia membangun ulang kekuatannya. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Strategi itu harus dilakukan secara konsisten, karena pejabat Kementerian Pertahanan Ukraina tahu persis besarnya kekuatan tempur Rusia. 

VIVA Militer: Konvoi tank Angkatan Bersenjata Ukraina di Kharkiv

Photo :
  • foxnews.com
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Jika sampai mendapat waktu untuk menyusun kembali kekuatannya, bukan tak mungkin militer Rusia akan melancarkan serangan balik yang sangat mematikan.

"Kira perlu terus menekan mereka. Jika kita memberi mereka waktu untuk memulihkan diri, jika kita memberi mereka waktu untuk membangun kembali kapasitas mereka, maka akan lebih mungkin bagi mereka untuk menyerang balik," ujar Sak.

"Kita perlu menjaga momentum dan kita harus terus berjalan," katanya dikutip VIVA Militer dari Fox News Digital.

Lebih lanjut Sak mengatakan, pihaknya cukup terkejut melihat pencapaian yang diraih militer Ukraina. Sebab pada awalnya, keberhasilan serangan balik Ukraina di Kharkiv memang sangat dirahasiakan.

VIVA Militer: Pilot tank Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • foxnews.com

"Ini adalah misi yang untuk alasan yang baik dirahasiakan untuk waktu yang lama. Hasil dari serangan balik ini benar-benar melebihi harapan kami sendiri. Tentara Ukraina telah sukses luar biasa," katanya. Mereka tahu apa yang mereka perjuangkan. Mereka ingin memenangkan perang ini," ucap Sak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya