Neraka Donetsk, 3.000 Tentara Rusia Menunggu Ajal

VIVA Militer: Serangan meriam Angkatan Bersenjata Ukraina ke basis militer Rusia
VIVA Militer: Serangan meriam Angkatan Bersenjata Ukraina ke basis militer Rusia
Sumber :
  • odessa-journal.com

VIVA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) berhasil melancarkan operasi militer yang berhasil mengepung musuh. Di kota Lyman, Donetsk, ribuan pasukan militer Rusia terjebak di bawah hujan artileri pasukan Ukraina.

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, seorang koresponden Rusia, Semyon Pegov, mengungkap jika militer Ukraina akan menyerang kota Lyman, Oblast (Provinsi) Donetsk, pusat logistik Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) selama invasi berlangsung.

Prediksi Pegov terbukti benar. Sejumlah unit militer Ukraina sudah tiba di Lyman dan berhasil mengepung total sekitar 3.000 tentara Rusia. Tanpa berlama-lama, pasukan Ukraina membombardir tentara Rusia yang terperangkap.

Pakar militer dari Defense Express, Ivan Kirichevsky, menyatakan jika keberhasilan operasi militer Ukraina mengepung musuh  adalah yang pertama kali dalam sejarah. Pengepungan total membuat ribuan tentara Rusia tak bisa melarikan diri, sebab Ukraina membangun rute kontrol tembakan di semua wilayah.

VIVA Militer: Pusat logistik militer Rusia di Donetsk terbakar

VIVA Militer: Pusat logistik militer Rusia di Donetsk terbakar

Photo :
  • inews.co.uk

“Kami berada di ambang kemenangan psikologis yang penting. Dalam sejarah tentara Ukraina, belum ada episode ketika militer kami mengepung musuh, membuat kantong untuk Rusia dan menahan mereka di sana," ucap Kirichevsky.

"Angkatan Bersenjata Ukraina mengambil kendali tembakan dari rute penarikan mundur di sekitar Lyman, yang bisa digunakan Rusia,” katanya dikutip VIVA Militer dari Odessa Journal.