Amerika Jiper, China Bangun Gudang Senjata di Luar Angkasa

VIVA Militer: Ilustrasi serangan senjata laser ruang angkasa militer China
Sumber :
  • scrabbl.com

VIVA –  Nyaris tak masuk akal, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dikabarkan tengah mempercepat pembangunan gudang senjata di luar angkasa. Langsung terbaca, langkah mengejutkan China membuat Amerika Serikat (AS) meradang.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dalam laporan yang dilaporkan VIVA Militer dari Washington Times , rincian pembangunan pangkalan di luar angkasa Pasukan Pendukung Strategis Tentara Pembebasan Rakyat China ( PLASSF ), dibeberkan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS). 

Pada Selasa 29 November 2022 kemarin, Pentagon memberikan laporan terkait pembangunan gudang senjata militer China di hadapan Kongres Amerika Serikat.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Laporan Departemen Pertahanan AS menyebut langkah militer China membangun kekuatan luar angkasa dengan sangat cepat. Upaya China ini dimaksudkan untuk menghancurkan satelit militer AS.

VIVA Militer: Peluncuran satelit militer China

Photo :
  • spaceflightnow.com
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Bagaimana tidak, dalam pangkalan luar angkasanya nanti militer China akan diperkuat dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) berteknologi canggih. Mulai dari rudal anti-satelit, laser, pemblok jaringan komunikasi (jammers), robot tempur yang mampu mengorbit, dan perangkat internet.

Dengan alutsista dan infrastruktur tersebut, Amerika meyakini jika China sengaja merencanakan aksi untuk membuat militer Amerika Serikat buta dan tuli, dalam menghadapi perang di masa depan.

"(Tentara Pembebasan Rakyat China ) terus memperoleh dan mengembangkan berbagai kemampuan counter-space (serangan ruang angkasa) dan teknologi terkait," bunyi laporan Departemen Pertahanan AS.

"(Di dalamnya) termasuk rudal pembunuh kinetik, laser berbasis darat, dan robot ruang angkasa yang mengorbit , serta perluasan kemampuan pengawasan ruang angkasa, yang dapat memantau objek di luar angkasa dalam bidang pandang mereka," kata laporan itu.

VIVA Militer: Ilustrasi serangan senjata laser ruang angkasa militer China

Photo :
  • taiwannews.com.tw

Pakar antariksa AS dari Space Law and Policy Solutions, Michael Listner, memberikan pandangan yang sama terhadap pembangunan pangkalan luar angkasa militer China.

Penghancuran satelit militer AS disebut Listner adalah strategi paling logis yang dirancang oleh China. Taktik itu bakal dilakukan armada Tirai Bambu dengan alibi pencegahan peningkatan serangan dari lawan.

"Melumpuhkan perangkat luar angkasa AS akan menjadi langkah logis dari pihak PLA. Mengingat, pandangan mereka tentang pencegahan bersifat pencegahan yang dirancang untuk mencegah peningkatan (kekuatan) musuh di ruang lingkup konflik," ujar Listner .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya