Atur Siasat Aneh, Jet Siluman Amerika Ancam Armada Laut Tiongkok

VIVA Militer: Jet tempur siluman F-35 Lightning II militer Amerika Serikat
VIVA Militer: Jet tempur siluman F-35 Lightning II militer Amerika Serikat
Sumber :
  • marines.mil

VIVA – Setelah berpikir keras terkait upaya menandingi kekuatan armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) di Laut China Selatan, Amerika Serikat (AS) akhirnya menemukan siasat baru. Taktik ini bakal melibatkan sejumlah unit jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II.

Seperti yang diketahui, dalam dua tahun terakhir armada militer China kerap melakukan aksi kontroversial di Laut China Selatan dan Selat Taiwan. Berkali-kali China mengerahkan unit pesawat tempur dan kapal perang, untuk menerobos wilayah Taiwan.

Ambisi AS mengamankan dan menjadikan Laut China Selatan sebagai kawasan bebas, militer Amerika Serikat menjawab tantangan tersebut. Dilansir VIVA Militer dari Taipei Times, Angkatan Laut AS (US Navy) akan mengirim jet siluman F-35 ke wilayah tersebut.

Akan tetapi, ada yang tak biasa dengan rencana militer AS kali ini. Armada pesawat siluman F-35 tidak akan dibawa menggunakan kapal induk, melainkan dengan kapal serbu amfibi USS Tripoli (LHA-7).

VIVA Militer: USS Tripoli (LHA-7) membawa jet tempur siluman F-35 Lightning II

VIVA Militer: USS Tripoli (LHA-7) membawa jet tempur siluman F-35 Lightning II

Photo :
  • warriormaven.com

Komandan Armada ke-7 Angkatan Laut AS, Laksamana Madya Karl Thomas, mengungkap bahwa konsep tersebut merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan daya tembak armada kapal perang.

Pernyataan ini diutarakan Thomas dalam acara yang diselenggarakan oleh think tank Institut Angkatan Laut AS dan Pusat Studi Strategis dan Internasional, Oktober 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title