Rusia Siaga, Intelijen Pemberontak Cium Strategi Serangan Balasan Ukraina

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)
Sumber :
  • ria.ru

VIVA – Kemunduran yang dialami pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina dari kota Soledar di Republik Rakyat Donetsk (DPR), tak lantas membuat militer Rusia tenang. Laporan intelijen terkuak, militer Ukraina tengah menyiapkan serangan balasan.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

VIVA Militer melaporkan dalam berita Senin 16 Januari 2023 lalu, di mana Kepala Staf Angkatan Bersenjata Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi, mengakui kekalahan pasukannya dari unit militer Rusia.

Sementara itu, pentolan tentara bayaran Rusia dari PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, sudah lebih dulu mengungkap informasi tentang penarikan mundur ribuan tentara Ukraina dari Soledar menuju Artyomovsk (Bakhmut).

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Pernyataan Prigozhin dikutip VIVA Militer dari 9 News, bahkan sudah lebih dulu dipublikasikan sejak 11 Januari 2023.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • dailysabah.com
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Ternyata, mundurnya pasukan Ukraina ke Artyomovsk tak berarti Rusia sudah menguasai penuh Soledar. Menurut laporan intelijen Milisi Republik Rakyat Luhansk (LPR), sejumlah personel militer Ukraina tengah bergerak menuju Chasov Yar.

Informasi ini diungkap oleh Juru Bicara Milisi Rakyat Luhansk, Letnan Kolonel Andrey Marochko. Menurut Marochko, unit baru militer Ukraina akan membangun benteng baru di wilayah yang letaknya 17,2 kilometer dari Artyomovsk.

Tak hanya itu, Marochko menyatakan jika pasukan Ukraina telah menempatkan senjata artileri berat di titik-titik tembak serta membuat ladang ranjau.

"Di area pemukiman Chasov Yar, ada penguatan posisi Ukraina. Formasi bersenjata Ukraina sedang memperkuat benteng lama dan membangun benteng baru," ujar Marochko.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • rferl.org

"(Mereka) bekerja untuk memperlengkapi titik tembak dan juga memasang ladang ranjau," katanya dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Sebagai informasi, Artyomovsk saat ini masig dikuasai oleh pasukan Ukraina. Setelah Soledar jatuh, Artyomovsk dijadikan pusat transportasi dan distribusi senjata dan logistik militer Ukraina yang bercokol di Donbas.

Prigozhin meyakini jika Artyomovsk bisa direbut, maka pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) dan sekutunya, akan menghentikan serangan Ukraina dari seluruh jalur di wilayah Donbas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya