Ngeri, Tentara Bayaran Rusia Caplok Desa Vital Pasukan Ukraina

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Grup Wagner
Sumber :
  • premiumtimesng.com

VIVA  – Kemajuan pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) dan sekutunya kembali dibuktikan dengan direbutnya sebuah desa, di kota Artyomovsk (Bakhmut), Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, tentara bayaran Wagner Group di bawah komando Yevgeny Prigozhin, berhasil merebut desa Dubovo-Vasilevka, Kamis 9 Maret 2023.

Desa tersebut terletak di wilayah barat laut Artyomovsk, yang diklaim Prigozhin sudah hampir seluruhnya dikuasai Rusia militer Rusia.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Prigozhin menyebut jika sebelum berhasil memaksa unit militer Ukraina angkat kaki dari Dubovo-Vasilevka, pasukan Wagner Group lebih dulu terlibat dalam kontak tembak di pinggiran Artyomovsk.

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia, Wagner Group

Photo :
  • ria.ru
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

"Dubovo-Vasilevka sepenuhnya berada di bawah kendali PMC Wagner. Ada pertempuran di pinggiran. Seluruh wilayah pemukiman berada di bawah kita," ujar Prigozhin dalam saluran Telegram.

Seperti yang dilaporkan VIVA Militer dalam berita sebelumnya, Artyomovsk adalah kota penting bagi pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU). 

Kota ini memiliki peran penting sebagai pusat transportasi dan distribusi personel dan logistik, pasukaa militer Ukraina di wilayah Donbas.

Artyomovsk terletak di bagian DPR yang dikuasai Kyiv, di utara kota besar Gorlovka. Ini adalah pusat transportasi penting untuk memasok kelompok pasukan Ukraina di Donbas.

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Wagner Group dalam perang di Ukraina

Photo :
  • middleeasteye.net

Politisi Ukraina dari Partai Verkhovna Rada, Sergei Rakhmanin, menegaskan jika situasi di Artyomovsk sangat kritis. Anggota Komite Keamanan Nasional, Pertahanan, dan Intelijen Ukraina, memastikan jika konfrontasi bersenjata masih berlangsung.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhnyi, menyatakan jika operasi militer di Artyomovsk tetap berlanjut.

Dalam berita VIVA Militer 16 Januari 2023 lalu, Zaluzhnyi memerintahkan penarkan pasukan Ukraina dari Soledar ke Artyomovsk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya