Bergerak dari Perbatasan China, 500 Ribu Bala Tentara Rusia Teror Pasukan Ukraina

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA – Kabat mengejutkan datang dari Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), yang kabarnya baru saja memindahkan sejumlah besar pasukannya menuju Ukraina

Pria Asal Negara Bekas Komunis Kagum sama Mekah dan Madinah, Terang Banget Katanya

Sebanyak 500.000 prajurit militer Rusia bergerak dari perbatasan China, menuju medan Operasi Militer Khusus (NVO). Informasi ini dibeberkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris, setelah menerima laporan intelijen.

Pergerakan bala tentara Rusia dalam jumlah masif, diyakini sebagai respons atas serangan balik pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) dalam satu bulan terakhir.

Dewan Eropa: Standar Ganda Ukraina dan Timur Tengah Tak Dapat Diterima

Namun demikian, pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris ini adalah bagian propaganda Barat dalam dukungan terhadap Ukraina. 

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) di Ukraina

Photo :
  • cnbctv18.com
Oknum TNI Diduga Aniaya Warga Aceh Timur hingga Tewas, Kodam IM Turun Tangan

Meski mampu meredam dan bahkan memukul balik sejumlah unit militer Ukraina, Rusia dicap kalah oleh Inggris.

"Formasi militer yang ditarik dari seluruh Rusia saat ini menanggung beban serangan balik Ukraina," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan laporan intelijen perangnya.

"Cara Rusia menerima risiko di seluruh Eurasia menyoroti bagaimana perang telah mengacaukan strategi nasional mereka sendiri yang sudah mapan," lanjut pernyataan tersebut dilansir VIVA Militer dari RIA Novosti.

Dalam catatannya, Kementerian Pertahanan Inggris bahkan menunjuk posisi ratusan ribu tentara Rusia yang sudah masuk Ukraina.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • forbes.com

Beberapa diantaranya adalah Pasukan Gabungan ke-58 Angkatan Darat Rusia yang sudah tiba di Zaporizhzhia. Kemudian, ada pasukan Angkatan Darat ke-5 serta Pasukan Infanteri Angkatan Laut (Marinir) di daerah Velyka Novosilka.

"Di Oblast Zaporizhzhia, Tentara Senjata Gabungan ke-58 mempertahankan garis pertahanan yang kuat; biasanya itu mengamankan wilayah Kaukasus Rusia yang bergejolak," lanjut pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

"Di sekitar Velyka Novosilka, Tentara Gabungan ke-5 dan Infanteri Angkatan Laut memegang garis depan; mereka secara rutin berbasis 7.000 km sebagai penyeimbang kekuatan China," kata kementerian itu.

Sementara itu di wilayah Artyomovsk (Bakhmut), Republik Rakyat Donetsk (DPR), pasukan elite lintas udara yang biasanya bercokol di Rusia bagian barat, dijadikan andalan untuk menjaga daerah vital tersebut.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • asiatimes.com

"Di sekitar Bakhmut, pertahanan sekarang sebagian besar dibentuk di sekitar resimen lintas udara yang biasanya ditempatkan di Rusia barat. Mereka biasanya bertindak sebagai pasukan reaksi cepat elit jika terjadi ketegangan dengan NATO," ujar Kementerian Pertahanan Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya