Serangan Rudal Angkatan Laut Rusia, 300 Lebih Tentara Ukraina Jadi Mayat

VIVA Militer: Tank T-64BM militer Ukraina hancur dihantam drone Rusia4
Sumber :
  • reddit.com

VIVA – Sebuah gudang kendataan lapis baja militer Ukraina hancur lebur usai dihantam rudal jarak jauh Angkatan Laut Rusia (VMF), Kamis 6 Juli 2023 malam waktu setempat.

Pria Asal Negara Bekas Komunis Kagum sama Mekah dan Madinah, Terang Banget Katanya

Serangan dahsyat ke basis pasukan Ukraina ini dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Pertahanan Rusia, yang juga menyatakan sejumlah unit kendaraan lapis baja buatan Barat hancur total.

Dua unit meriam swagerak lapis baja AHS Krab buatan negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Polandia, dieliminasi.

Dewan Eropa: Standar Ganda Ukraina dan Timur Tengah Tak Dapat Diterima

Kemudian, satu unit tak, tiga kendaraan tempur infanteri lapis baja juga jadi rongsokan. Tak hanya itu, sekitar 385 orang tentara Ukraina juga tewas dalam serangan ini. 

Kapal perang korvet Rusia Aleksin menembakkan rudal saat parade Hari Angkatan Laut Rusia di Baltiysk, wilayah Kaliningrad, Rusia, Minggu (31/7/2022).

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Vitaly Nevar/wsj.
Oknum TNI Diduga Aniaya Warga Aceh Timur hingga Tewas, Kodam IM Turun Tangan

"Malam ini, Angkatan Bersenjata Rusia melancarkan serangan terkonsentrasi," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia dikutip VIVA Militer dari Sputnik News.

"(Serangan dilakukan) dengan senjata angkatan laut jarak jauh presisi tinggi, di titik penempatan sementara anggota Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) dan tentara bayaran asing,"   kata pernyataan tersebut.

Sayangnya, tak dijelaskan secara rinci dari wilayah mana militer Rusia menembakkan rudal dan belum bisa diverifikasi di mana gudang senjata tentara Ukraina tersebut.

Serangan ini adalah salah satu dari berbagai tindakan militer Rusia yang menyasar depot amunisi dan senjata, sepanjang Angkatan Bersenjata Ukraina melancarkan operasi kontra-ofensif sejak 4 Juni 2023.

VIVA Militer: Bangkai kendaraan lapis baja AHS Krab militer Ukraina

Photo :
  • defensemirror.com

Pekan lalu Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Sergey Shoigu, menyatakan jika militer Ukraina kehilangan lebih dari 13.000 personel yang tewas saat menggelar operasi serangan balik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya