Babak Belur Digempur Rusia, Lusinan Tentara Berbondong-bondong Letakkan Senjata

VIVA Militer: Tentara Ukraina
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA – Wilayah tempat situs nuklir Ukraina, Zaporizhzhia, adalah salah satu daerah yang menjadi sasaran operasi serangan balik militer Ukraina. Meski sudah habis-habisan, pasukan Ukraina justru gagal total mendepak tentara Rusia yang menduduki front tenggara.

Siap Ikuti Latma Rimpac, TNI AL Berangkatkan Kapal Perang KRI REM-331 Arungi Laut Pasifik ke Hawaii

Militer Rusia berhasil menduduki Zaporizhzhia sejak awal Operasi Militer Khusus (NVO) dilancarkan di Ukraina, 24 Februari 2023. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Energodar tentu menjadi alasan pasukan Vladimir Putin harus menguasai wilayah ini.

Upaya keras Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) merebut kembali Zaporizhzhia kerap gagal. Bahkan dalam aksi skala besar operasi kontra-ofensif digelar pada 4 Juni 2023 lalu.

Perkuat Pertahanan Indo-Pasific, Panglima TNI Bertemu Dengan Panglima Angkatan Bersenjata Inggris

Pertahanan hebat pasukan Rusia membuat tentara Ukraina kewalahan, meski diperkuat dengan sejumlah senjata kiriman Amerika Serikat (AS) dan negara-negara sekutu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

VIVA Militer: Tentara Ukraina jadi Tawanan Perang (PoW) militer Rusia

Photo :
  • report.az
Jenderal TNI yang Tempuh Pendidikan hingga ke Luar Negeri, Ada yang Jebolan Harvard!

Hal ini yang membuat banyak tentara Ukraina putus asa. Banyak yang tewas, banyak yang memilih kabur, dan baru-baru ini tak sedikit juga yang memutuskan menyerah. 

Pejabat Gubernur Zaporizhzhia, Yevgeny Balitsky, mengungkap fakta para tentara Ukraina yang memilih menjadi Tawanan Perang (PoW) pasukan Rusia. Menurut Balitsky, jumlahnya setiap hari terus bertambah.

"Saya dapat mengatakan bahwa baru-baru ini, selama sekitar satu bulan, musuh mulai menyerah. Dan bukan hanya satu atau dua orang sekaligus, karena ada pembelotan di musim semi. Sekarang seluruh unit menyerah," ujar Balitsky.

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, Balitsky memastikan bahwa tentara Rusia memperlakukan para tawanan perang secara layak dan manusiawi.

VIVA Militer: Tentara Ukraina jadi Tawanan Perang (PoW) militer Rusia

Photo :
  • nbcnews.com

Balitsky berani menyebut bahwa tak seorang pun tentara Ukraina yang ditawan, mendapatkan penyiksaan. Meskipun, para tawanan tetap harus melewati proses interogasi.

"Saya berbicara dengan beberapa orang yang menyerah. Tidak ada yang memukul siapa pun, tidak ada yang menyiksa siapa pun," kata Balitsky melanjutkan.

Semua orang menerima kondisi normal. Ya, tentu saja, interogasi berlangsung dan saya ada di sana. Mereka yang menyadari bahwa hidup mereka lebih berharga daripada rencana militeristik Barat diberikan kondisi yang layak," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya