Pasukan Rusia Terkepung, Kolonel Vashunin Gugur Diberondong Tentara Ukraina

VIVA Militer: Kolonel Yevgeny Vashunin
Sumber :
  • pravda.com.ua

VIVA – Seorang perwira menengah militer Rusia, Kolonel Yevgeny Vashunin, tewas dalam pertempuran di Ukraina. Kabar ini baru terkuak setelah kematian Vashunin pada 14 Juli 2023.

Rusli Ditembak dan Dibakar Pemberontak OPM Pimpinan Undius Kogoya, Panglima TNI: Kita Kejar!

Adalah Ketua Dewan Legislatif Saint Petersburg, Alexander Belsky, yang mengonfirmasi kematian Vashunin.

"Seorang pemimpin militer yang berbakat dan warga negara yang baik, Komandan Resimen Leningrad, telah meninggal dunia," ucap Belsky.

Israel Gunakan Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Angkut Militer dan Serang Kamp Nuseirat

"Kolonel Yevgeny Aleksandrovich Vashunin mengabdikan dirinya untuk mengabdi pada Tanah Air kita," katanya dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

VIVA Militer: Kolonel Yevgeny Vashunin

Photo :
  • ria.ru
Jet Tempur Tiongkok Teror Kapal Perang NATO Usai Berani Terobos Laut China Timur

Lebih lanjut Belsky mengungkap, Vashunin memimpin unit militer Rusia dari Resimen Leningrad, untuk menolong satuan lainnya, Brigade Badai ke-34 (34th Storm Brigade), di wilayah Republik Rakyat Luhansk (LPR).

Akan tetapi, kedatangan pasukan Vashunin justru terlacak oleh pasukan militer Ukraina. Resimen Leningrad pimpinan Vashunin pun jadi sasaran tembak tentara Ukraina.

Vashunin dan beberapa anak buahnya terputus dari rombongan Resimen Leningrad dan berakhir terkepung oleh pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU).

Meskipun tetap memberi perlawanan, namun Vashunin dan pasukannya yang kalah jumlah akhirnya tewas terluka parah, akibat diberondong tembakan tentara Ukraina.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • in-cyprus.philenews.com

Kematian heroik Vashunin diganjar gelar "Pahlawan Rusia". Ia mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal secara Anumerta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya