Pengakuan Komandan Pasukan Elite Ukraina, Ribuan Anak Buahnya Mati Dibantai Tentara Rusia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)
Sumber :
  • mil.gov.ua

VIVA – Tak hanya dikerahkan dalam operasi serangan balik, Brigade Serangan Terpisah ke-5 Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) menjadi salah satu unit khusus yang menjadi adalah menghalau invasi militer Rusia.

Tidak Pakai Dolar, Rusia Beli Senjata dari India Gunakan Rupee

Baru dibentuk pada 10 Mei 2022, satuan elite yang berada di bawah Komando Operasi Utara justru banyak menelan kerugian. Terutama dalam jumlah personel, yang baru-baru ini diakui oleh seorang komandan unitnya. 

Meski menyandang status sebagai pasukan khusus, brigade pimpinan Kolonel Oleksandr Yakovenko ini kehilangan lebih dari 1.700 orang prajuritnya. 

Mortir Hamas Gempur Rafah, Nyaris Selusin Tentara Israel Sekarat

Jumlah ini dipastikan menjadi korban tewas dalam pertempuran melawan pasukan militer Rusia, terhitung sejak awal 2023. Kerugian besar ini juga yang diungkap oleh perwira pimpinan unit, yang identitasnya dirahasiakan.

VIVA Militer: Prajurit Brigade Serangan Terpisah ke-5 Angkatan Darat Ukraina

Photo :
  • militaryland.net
Seorang Perwira dan 4 Tentara Irak Tewas Diserang ISIS

"Sejak awal tahun, kerugian brigade penyerangan terpisah ke-5 Angkatan Bersenjata Ukraina telah melebihi 1.700 orang tewas," ucap perwira militer Ukraina itu dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Lebih lanjut komandan unit Brigade Serangan Terpisah ke-5 itu menyatakan, informasi ini didapatnya dari dokumen resmi yang dirilis komando pusat satuan tersebut.

Sepanjang melancarkan perlawanan terhadap agresi militer Rusia, pasukannya dipastikan memiliki peran aktif dalam pertempuran di wilayah Artyomovsk (Bakhmut) dan Klescheevka, Republik Rakyat Donetsk (DPR).

"Perlu dicatat bahwa brigade ini mengambil bagian aktif dalam pertempuran di Artemovsk dan di wilayah pemukiman Kleshcheevka," kata perwira militer Ukraina itu melanjutkan.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • dvidshub.net

"Kami memiliki dokumen dari markas besar Brigade Serangan ke-5 Angkatan Bersenjata Ukraina. Oleh karena itu, formasi tersebut kehilangan 1.704 orang yang tidak dapat diperbaiki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya