Horor, Senjata Super Canggih Ukraina Bikin Rudal S-400 Rusia Jadi Bangkai

VIVA Militer: Bangkai sistem rudal S-400 Triumf militer Rusia
Sumber :
  • eurasiantimes.com

VIVA – Pemerintah Ukraina mengumumkan penggunaan senjata baru berkemampuan super, yang diklaim telah digunakan untuk menghancurkan sistem rudal canggih S-400 Triumf militer Rusia.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Eurasia Times, Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina merilis video yang menunjukkan hancurnya rudal Rusia tersebut.

Insiden itu terjadi di desa Olenivka, Republik Rakyat Donetsk (DPR), Sabtu 26 Agustus 2023. Serangan itu juga dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Ukraina, Oleksiy Danilov.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Ditegaskan Danilov, selain sistem rudal pertahanan udara S-400 mengalami kehancuran total, seluruh tentara Rusia yang mengawaki juga dipastikan tewas.

VIVA Militer: Rudal pertahanan udara S-400 Triumf militer Rusia hancur

Photo :
  • gur.gov.ua
Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Yang mengejutkan, Danilov menyebut jika militer Ukraina telah menggunakan senjata yang diungkap sebagai rudal super dan modern.

"Rudal super baru Ukraina adalah senjata yang sepenuhnya modern, berhasil dengan sempurna memusnahkan sistem pertahanan udara Rusia di Krimea," ucap Danilov.

Pernyataan Danilov ini mematahkan spekulasi yang sebelumnya tersebar, bahwa rudal Rusia itu telah dihancurkan rudal Storm Shadow buatan Inggris, atau saudara kembarnya SCALP-EG buatan Prancis.

Beredar kabar juga yang menyebut Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) menggunakan rudal jelajah anti-kapal R-360 Neptune.

VIVA Militer: Rudal pertahanan udara S-400 Triumf militer Rusia hancur

Photo :
  • gur.gov.ua

Rudal jelajah tersebut pernah digunakan militer Ukraina untuk menenggelamkan kapal perang Moskva milik Angkatan Laut Rusia (VMF) di wilayah timur Pulau Ular, Laut Hitam, pada 14 April 2022.

Dalam wawancaranya dengan Radio Ukrainske, Danilov mengatakan jika rudal super ini adalah buatan Ukraina. Senjata anyar ini diklaim bisa menghancurkan sasaran apapun, dengan jangkauan maksimal sejauh 250 mil (402,3 kilometer).

Sayangnya, Danilov tak menjelaskan nama rudal baru Ukraina ini. Hanya saja Danilov memastikan, senjata terbaru ini adalah Stori Shadow atau SCALP-EG versi terbaru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya