Jenderal Amerika Remehkan Jet Tempur Siluman China: Mereka Curi Teknologi Kami!

VIVA Militer: Jet tempur siluman Chengdu J-10 Mighty Dragon militer China
Sumber :
  • militaryleak.com

VIVA  – Tak bisa dibantah jika Republik Rakyat China (RRC) adalah negara Asia pertama dengan armada militer, yang diperkuat oleh pesawat tempur generasi kelima berkemampuan siluman. 

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Jet tempur militer China itu tak lain adalah Chengdu J-20 Mighty Dragon, yang diklaim memiliki kehebatan setara dengan Lockheed Martin F-22 Raptor dan F-35 Lightning II buatan Amerika Serikat (AS).

Diproduksi sejak 2009 oleh Chengdu Aerospace Corporation, pesawat siluman J-20 memasuki dinas militer bersama Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) sejak 2017.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Keberadaan pesawat tempur bermesin ganda ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara Asia yang memiliki hubungan dekat dengan AS, semisal Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

VIVA Militer: Jet tempur siluman Chengdu J-10 Mighty Dragon militer China

Photo :
  • airdatanews.com
AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Akan tetapi meskipun diklaim mampu menandingi pesawat siluman Amerika, J-20 Mighty Dragon justru dianggap remeh oleh Jenderal Kenneth Wilsbach.

Komandan Angkatan Udara Pasifik Amerika Serikat (PACAF), mengatakan pesawat siluman China itu mampu bersaing dengan F-22 Raptor atau F-35 Lightning II. Wilsbach bahkan menyebut J-20 hasil plagiat yang dilakukan China, dengan teknologi hasil curian.

"Saya tidak berpikir bahwa ini adalah pesawat yang mendominasi pada saat ini, dibandingkan dengan apa yang kita miliki (F-22 dan F-35)," ucap Wilsbach.

"Mereka telah melakukan penjiplakan yang bagus. Hampir sebagian besar teknologi dari pesawat itu (J-20) dicuri dari Amerika Serikat," katanya.

VIVA Militer: Jet tempur siluman Chengdu J-10 Mighty Dragon militer China

Photo :
  • rbth.com

Sesuai dengan rancangan, J-20 Mighty Dragon dibuat sebagai pesawat tempur superioritas udara. Pesawat ini juga mampu beroperasi di semua kondisi cuaca, dengan kecepatan maksimal 2 Mach (2.470 kilometer per jam).

Pesawat siluman ini juga memiliki jangkauan operasional maksimal 3.400 mil (5.500 kilometer) dengan jarak tempur 1.200 mil (2.000 kilometer).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya