Gagal Mendarat di Kapal Induk, Jet Tempur Rusia Nyemplung ke Laut

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-33 militer Rusia jatuh di Laut Mediterani
Sumber :
  • mil.ru

VIVA – Sebuah momen memalukan yang dialami militer Rusia bocor ke publik. Insiden itu terjadi saat jet tempur Sukhoi Su-33 Flanker-D tenggelam di Laut Mediterania.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Sebuah video berdurasi 1 menit 16 detik tersebar di media digital Youtube dan Telegram, yang menunjukkan bagian ekor pesawat tempur superioritas udara Angkatan Laut Rusia (VMF) karam.

Asap hitam yang cukup tebal juga tampak mengepul di atas badan jet tempur Rusia yang mulai terendam air, yang tengah terombang-ambing di bawah sebuah kapal perang.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dilansir VIVA Militer dari Express, kapal perang itu diketahui adalah kapal induk Rusia Laksamana Kuznetsov (063) yang diyakini sebagai platform peluncuran pesawat tempur Rusia itu.

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-33 militer Rusia jatuh di Laut Mediterani

Photo :
  • mil.ru
Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Suara helikopter juga terdengar meraung dalam momen tersebut. Helikopter itu diykini lepas landas untuk melakukan proses penyelamatan pilot pesawat, yang berhasil melontarkan diri sebelum jatuh ke laut.

Momen memalukan ini terjadi pada Desember 2016, di mana pihak militer Rusia sengaja tidak mempublikasikannya. Akan tetapi pada akhirnya rekaman ini terbongkar dan muncul ke publik.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim jika jet tempur Su-33 Flanker-D gagal mendarat di kapal induk Laksamana Kuznetsov, dikarenakan kegagalan kabel sistem penahan.

Selain Su-33, militer Rusia juga kehilangan pesawat lainnya yakni Mikoyan MiG-29 Fulcrum yang mengalami insiden serupa sebulan sebelumnya.

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-33 militer Rusia

Photo :
  • reddit.com

Jet tempur multi-peran bermesin ganda yang diprodukusi era Uni Soviet itu juga gagal mendarat di kapal induk Laksamana Kuznetsov, dan jatuh ke Laut Mediterania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya