Letkol Salman, Komandan Pasukan Tank Israel Mati Dihantam Roket Hamas

VIVA Militer: Letnan Kolonel Salman Habaka
Sumber :
  • timesofisrael.com

VIVA  – Kontak tembak yang terjadi di wilayah utara Jalur Gaza, Palestina, kembali memakan korban dari pihak militer Israel. Seorang perwira Angkatan Darat Israel dikabarkan tewas, Kamis 2 November 2023.

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Dilansir VIVA Militer dari The Times of Israel, perwira militer Israel yang tewas diketahui adalah Letnan Kolonel Salman Habaka (33), Komandan Batalyon ke-33 Brigade Lapis Baja ke-188.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi kematian Habaka, saat memimpin pasukannya menerobos daerah utara Gaza.

RI Gagas Pemberian Hak Istimewa Palestina di Sidang PBB, Selangkah Lagi Anggota Penuh

Militer Israel tak menjelaskan secara rinci terkait kronologi tewasnya Habaka. Namun demikian, IDF mengakui jika Habaka adalah perwira dengan pangkat tertinggi pertama yang tewas dalam agresi di Gaza.

VIVA Militer: Tank Merkava militer Israel dihancurkan pasukan Hamas Palestina

Photo :
  • Youtube
Majelis Umum PBB Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh, 9 Negara Menolak Termasuk AS

Sebelumnya, militer Israel juga mengonfirmasi kematian 11 prajurit lainnya yang berasal dari Batalyon ke-77 Brigade Lapis Baja ke-7 dan Batalyon Infanteri ke-424 atau yang dikenal dengan Tzabar, Brigade ke-84 yang dijuluki Givati.

Dua tentara Israel yang tewas dari Batalyon ke-77 adalah Letnan Ariel Reich dan Kopral Asif Luger.

Sementara, sembilan orang tentara Israel yang tewas dari Batalyon Tzabar adalah Sersan Adi Danan, Sersan Halel Solomon, Sersan Erez Mishlovsky, Sersan Adi Leon, Sersan Roei Dawi, Sersan Pdaya Mark, Sersan Roy Saragusti, Kopral Ido Ovadia dan Kopral Lior Siminovich.

IDF menyatakan jika seluruh korban tewas akibat kendaraan lapis baja pengangkut personel Namer ang ditumpanginya, dihantam Peluncur Granat (RPG).

VIVA Militer: Tentara Israel yang tewas dalam perang di Jalur Gaza

Photo :
  • ynetnews.com

Tak hanya itu, sejumlah tentara Israel lainnya juga meregang nyawa usai tank tempur yang diawakinya menginjak ranjau anti-tank.

Tewasnya lusinan prajurit membuat militer Israel menelan kerugian besar. Perang kota harus dihadapi tanpa pengenalan medan yang baik. Belum lagi ancaman penyergapan dan banyaknya jebakan yang dipasang pasukan Hamas Palestina.

Dalam laporan lain, IDF menyatakan jika seorang prajurit cadangan dari Brigade Yiftah ke-679, seorang prajurit Givati, dan seorang prajurit Teknik Tempur, terluka parah dalam operasi di bagian utara Gaza.

Selain itu, seorang prajurit Batalyon Caracal Korps Pertahanan Perbatasan juga mengalami nasib yang sama dalam insiden di perbatasan Mesir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya