Makin Panas, Amerika Seret Australia Ikut Perang di Timur Tengah

VIVA Militer: Armada Kapal Perang Angkatan Laut Kerajaan Australia (RAN)
Sumber :
  • navaltoday.com

VIVA – Konflik di Timur Tengah dipastikan akan kian memanas setelah Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), meminta pemerintah Australia mengerahkan armada tempur ke Laut Merah, Kamis 14 Desember 2023.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Prmintaan militer Amerika Serikat (AS) kepada Pasukan Pertahanan Australia (ADF), dibenarkan oleh Bendahara Australia, Jim Chalmers.

Menurut Chalmers, militer Amerika Serikat secara spesifik meminta militer Australia untuk mengirim armada kapal perang ke Laut Merah.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Dalam keterangannya, Chalmers permintaan AS itu disampaikan dengan alasan peningkatan kekuatan multi-nasional.

VIVA Militer: Kapal perusak USS Carney (DDG-64) militer Amerika Serikat

Photo :
  • navy.mil
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Apa yang diinginkan pasukan Angkatan Laut AS tak lepas dari ancaman yang kerap muncul, pasca agresi militer Israel ke Jalur Gaza Palestina, sejak 7 Oktober 2023.

Chalmers tidak memberikan jawaban secara rinci terkait permintaan Amerika. Namun demikian, ia menegaskan jika Australia telah lama memberikan kontribusi militer di kawasan Timur Tengah.

"Itu adalah bagian dunia yang sulit. Ada banyak pelayaran komersial selain pelayaran militer di kawasan itu," ucap Chalmers.

"Kami telah memberikan kontribusi terhadap pengelolaan gabungan di wilayah tersebut," katanya dilansir VIVA Militer dari 9News.

VIVA Militer: Kapal tanker Norwegia, Stride, dihantam rudal milisi Houthi Yaman

Photo :
  • 9news.com.au

Seperti yang diketahui, sejumlah kapal perang Angkatan Laut AS kerap mendapat serangan yang diyakini berasal dari milisi Houthi Yaman.

Pada awal Desember 2023, kapal perusak USS Carney (DDG-64) Angkatan Laut Amerika Serikat mendapat serangan rudal milisi Houthi di Laut Merah. 

Selain itu, serangan Houthi juga menghancurkan kapal tanker berbendera Norwegia, Strida, di Selat Bab el-Mandeb. Milisi Houthi juga membajak kapal milik Israel, Galaxy Leader, pada 20 November 2023.

Hingga berita ini diturunkan, Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles, diklaim akan mempertimbangkan permintaan AS. Sementara, militer Australia juga belum memberikan pernyataan resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya