Gawat, Kapal Perang Rusia Kembali Tenggelam Dihajar Drone Laut Ukraina

VIVA Militer: Kapal perang Cesar Kunikov Rusia meledak diserang drone Ukraina
Sumber :
  • Youtube

VIVA –Militer Rusia dikabarkan kembali menelan kerugian usai serangan drone permukaan milik Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), di lepas pantai kota Alupka, Republik Otonomi Krimea, Kamis 15 Februari 2024.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Asian News International (ANI), kapal perang Rusia yang dihantam drone tempur militer Ukraina adalah Cesar Kunikov (BDK-64) yang dioperasikan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF).

Menurut laporan lainnya yang dilansir VIVA Militer dari CNN, militer Ukraina disebut menggunakan drone laut Magura V5 yang juga diklaim sebelumnya menenggelamkan kapal perang Rusia lainnya, R-334 Ivanovets (954).

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Serangan terhadap kapal pendarat kelas Ropucha, Cesar Kunikov (BDK-64), diyakini telah direncanakan oleh Direktorat Intelijen Pertahanan Ukraina (GUR MO). 

VIVA Militer: Kapal perang Cesar Kunikov Rusia meledak diserang drone Ukraina

Photo :
  • Youtube
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Sebab di sisi lain, organisasi pimpinan Letnan Jenderal Kyrylo Budanov itu lah yang pertama kali menjelaskan penggunaan drone permukaan Magura V5 dalam serangan tersebut.

Direktorat Intelijen Pertahanan Ukraina memastikan, serangan drone melubangi lambung kiri kapal dan menjadi penyebab karamnya Cesar Kunikov.

"Kapal pendarat Rusia Cesar Kunikov diserang dengan drone 'Magura V5' yang membuat lubang kritis di sisi kirinya sebelum tenggelam," bunyi pernyataan Direktorat Intelijen Pertahanan Ukraina.

Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) membuat pernyataan pasca menerima informasi serangan di Laut Hitam. AFU mengklaim telah menghancurkan sepertiga kekuatan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia, sejak agresi militer digelar pada 24 Februari 2024 silam.

VIVA Militer: Kapal perang kelas Ropucha, Cesar Kunikov (BDK-64), militer Rusia

Photo :
  • topwar.ru

"Ukraina telah melumpuhkan sepertiga Armada Laut Hitam Rusia selama invasi besar-besaran,"bunyi pernyataan Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sementara itu, dalam laporan yang dinukil VIVA Militer dari BBC, serangan drone Ukraina terhadap kapal perang Rusia dilakukan oleh unit pasukan khusus yang disebut Grup 13. Pasukan tersebut berasal dari anggota Direktorat Intelijen Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pada 1 Februari 2024 lalu, kapal perang jenis korvet kelas Tarantul III, R-334 Ivanovets (954) juga tenggelam digasak drone Ukraina.

Kapal perang Ivanovets yang membawa rudal Rusia dengan kendali berkemampuan nuklir P-270 Moskit itu mendadak diserang saat berlabuh di Danau Donuzlav, Republik Otonomi Krimea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya