Jiper Dibantai Pasukan Rusia, Tentara Ukraina Kabur dan Tinggalkan Selusin Panser

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja militer Ukraina
Sumber :
  • theintercept.com

VIVA – Kabar terbaru terkait jatuhnya kota Avdiivka di Republik Rakyat Donetsk (DPR) ke tangan militer Rusia, adalah penemuan selusin kendaraan lapis baja yang sengaja ditinggalkan tentara Ukraina.

Jenderal Ali: Era Amerika dan Israel Sudah Habis!

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Russia Today, selusin kendaraan lapis baja militer Ukraina ditemukan saat tentara Rusia menyisir kota industri di front timur tersebut.

Menurut sumber yang berasal dari Distrik Militer Pusat Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), tentara Ukraina sengaja meninggalkan kendaran lapis baja tersebut.

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

Anak buah Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi memilih kabur dengan berjalan kaki, untuk menghindari serangan artileri atau rudal anti-tank tentara Rusia.

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja militer Ukraina

Photo :
  • cnn.com
Jenderal TNI Maruli Ungkap Fakta Serius Ancaman Pertahanan Indonesia

Menurut keterangan sumber tersebut, prajurit militer Ukraina meninggalkan 10 unit kendaraan tempur infanteri lapis baja BMP-1 buatan Uni Soviet.

Yang lebih mengejutkan, terdapat pula kendaraan pengangkut personel lapis baja M113 buatan Amerika Serikat (AS) yang juga ditinggal.

"Hingga hari ini, saya pribadi menghitung sekitar sepuluh kendaraan lapis baja BMP-1 Soviet, dan tujuh hingga delapan kendaraan lapis baja M113 Amerika," ucap sumber tersebut.

"Mereka menyerahkan banyak kendaraan mereka. kendaraan lapis baja sebelum mereka mundur. Sebab, kami akan menghancurkannya bersama mereka jika kendaraan tersebut bergerak,"katanya. 

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja militer Ukraina

Photo :
  • timesofindia.com

Ribuan tentara Ukraina ditarik mundur atas perintah Syrskyi, Sabtu 17 Februari 2024 lalu. Syrskyi menegaskan keputusan penarikan pasukan bertujuan untuk menghindari pengepungan Avdiivka oleh pasukan Rusia.

Di hari yang sama, Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga menerima kabar jatuhnya Avdiivka ke tangan pasukannya. Sontak Putin langsung memberikan penghargaan tinggi bagi pasukannya, lewat Panglima Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, Jenderal Valery Gerasimov.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya